Poster emtq

Jakarta, LombokInsider.com – Sebanyak 1.314 peserta dari 34 provinsi telah mendaftarkan diri untuk mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional XXVI Tahun 2016 di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Pendaftaran yang dibuka dari 16 Juni sampai 25 Juni 2016.

“Saat ini panitia sedang melakukan tahap verifikasi peserta. Semua proses pendaftaran dan verifikasi dilakukan melalui aplikasi e-MTQ,” kata Machasin, Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Kementerian Agama dalam laman web Kemenag.go.id (27/6).

Verifikasi. Saat ini panitia sedang melakukan tahap verifikasi peserta

Verifikasi. Saat ini panitia sedang melakukan tahap verifikasi peserta

Tahapan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tk. Nasional XXVI Tahun 2016 di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, telah memasuki tahap verifikasi peserta. Sejak dibuka pendaftaran tanggal 6 s.d 25 Juni 2016, tercatat sebanyak 1314 peserta telah mendaftar dari 34 Provinsi. Kini, sejak 26 s.d 30 Tim Verifikasi akan bekerja menyeleksi data peserta berdasarkan dokumen yang dilampirkan. Seluruh proses pendaftaran dan verifikasi dilakukan melalui aplikasi e-MTQ.

Aplikasi e-MTQ telah didesain untuk dapat menyeleksi NIK sebagai identitas primer. Sebagai contoh, bagi NIK yang tidak sesuai dengan ketentuan, maka sistem akan langsung mendeteksi dan melakukan pemblokiran. Sistem dengan sendirinya akan mempublikasikan hasil pendeteksian NIK dalam dua format, yaitu PDF dan MS excel.

Bukan hanya sistem deteksi NIK, e-MTQ juga dapat diakses oleh publik secara luas. Seperti disampaikan Menteri Agama dalam Rakornas MTQN XXVI, Selasa (31/5) lalu, e-MTQ lahir untuk memfasilitasi publik agar dapat mengakses seluruh proses persiapan dan pelaksanaan MTQN secara transparan dan akuntabel.

Bagi masyarakat yang ingin melihat dan berpartisipasi, cukup mengakses alamat: simpenais.kemenag.go.id/mtq dan pilihlah nama provinsi yang dituju. Sistem akan menyajikan data peserta mencakup Nama, NIK, Usia, Cabang Perlombaan dan Foto. Jika ditemukan data peserta yang tidak valid atau terindikasi adanya pemalsuan, dapat mengirimkan datanya melalui emal: simpenais@kemenag.go.id. Seluruh aduan harus dilengkapi dengan data pendukung yang otentik.

Namun, menurut penelurusan LombokInsider.com pada Selasa (12/7), sistem pencarian daftar peserta e-MTQ tidak menyajikan data yang diinginkan saat dimasukkan nama provinsi NTB, dan klik cari, sistem tidak memberikan data apapun. (LI/KM)

 

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono