Selong, LombokInsider.com – Berkembangnya teknologi dan juga media sosial membuat apapun yang ada dihadapan kita yang kemudian diupload dapat segera menjadi viral dalam tempo singkat. Hal ini terjadi juga terhadap pohon besar berukuran raksasa yang saat ini semakin banyak dikunjungi oleh orang, baik dari seputar Lombok bahkan dari luar daerah. Hal ini terjadi setelah banyak foto-foto selfie para traveler di antara pohon-pohon raksasa tersebut beredar di media sosial, baik FB maupun IG. Pohon inilah yang saat ini sedang banyak dibicarakan di Pulau Lombok.

HIJAU. Pohon-pohon Raksasa Berumur Ratusan Tahun Tumbuh di Daerah Pringgabaya-Lotim, Pemandangan Sekitarnya pun Sangat Indah.

Pohon Raksasa

Keberadaan pohon purba Lian Langka di Dusun Menanggabaris, Desa Gunung Malang, Kecamatan Pringgabaya, Selong, Lombok Timur, NTB, seakan menjadi magnet bagi para pengunjung untuk datang ke lokasi tersebut. Apa rasanya berada di antara pohon besar dengan usia ratusan tahun. Decak kagum tentu akan mengurai begitu saja tanpa kendali, warga sekitar mengatakan, pohon-pohon purba tersebut sudah berumur sekitar 350 tahun. Banyak pengunjung yang datang untuk sekadar mengabadikan momen (selfie) atau juga menjadi lokasi foto pre-wedding baru karena bentuk pohonnya yang unik.

Salah seorang pengujung yakni Gladys, Mahasiswi di STMIK Bumi Gora menuturkan bahwa tempat dimana pohon raksasa ini tumbuh sangat luar biasa. “Ini sungguh luar biasa, nggak nyangka ada pohon segede ini di Lombok, dengan pemandangan sekitar yang juga indah. Cocok sekali untuk sekedar berselfie ria atau bahkan melaksanakan preweding,” ujarnya. Selain itu menurut Dindis panggilan akrabnya, keberadaan pohon ini yang sudah mulai diketahui secara luas, tentunya akan menjadi destinasi wisata baru di Lombok, khususnya warga sekitar harus sudah siap menyambut kedatangan wisatawan ke Pringgabaya-Lotim.

SEJUK. Orang-orang Mulai Banyak yang Mengetahui Keberadaan Pohon Raksasa, Datang dan Menyaksikan Langsung Memberikan Sensasi yang Luar Biasa.

Destinasi Wisata Baru

Sangat beralasan sekali apa yang dikatakan Dindis, karena sebagai destinasi baru dan unik tentunya pohon purba dengan ukuran raksasa ini sangat menarik. Jadi dapat dipastikan kedepannya akan banyak didatangi oleh wisatawan baik, domestik maupun mancanegara, yang pasti memerlukan penataan dan manajemen destinasi agar dapat terjaga keasliannya, namun dapat meningkatkan daya tariknya. Tampak ada belasan pohon raksasa yang menjulang tinggi ke angkasa di daerah tersebut.

Menurut Dindis, awalnya dia pertama kali mengetahui tentang objek wisata ini dari salah seorang teman, yang sudah lebih dahulu ke tempat ini. Berbekal informasi itu Dindis kemudian bertanya kepada temannya yang kebetulan memang asli Lombok Timur. Seperti yang telah dijelaskan diatas pohon-pohon purba ini baru mulai terkenal sejak pertengahan 2016, dari beberapa foto-foto yang beredar di Instagram (IG). Ada sekitar 20 pohon Lian Purba disekitar daerah tersebut dengan tinggi rata-rata mencapai puluhan meter.

Perjalanan menuju objek wisata pohon purba Lian Langka membutuhkan waktu lebih kurang 2,5 jam untuk jarak tempuh Mataram-Lombok Timur dengan kendaraan bermotor. Akses jalan cukup bagus, hanya saja terbilang cukup jauh untuk perjalanan menggunakan kendaraan bermotor. Sebelum tiba di kawasan objek wisata Pohon Purba Lian Langka, kita sudah disuguhkan pemandangan-pemandangan sejuk pohon-pohon besar yang memang banyak tumbuh disekitar daerah tersebut.

Namun pengunjung harus mengeluarkan biaya pemeliharaan dan keamaan untuk diberikan kepada penduduk lokal yang menjaga objek wisata tersebut. Biaya Rp5000,- untuk kendaraan bermotor dan Rp10.000,- untuk mobil harus kita keluarkan untuk menikmati keindahan pohon purba ini, yang merupakan destinasi wisata baru mulai terkenal di Lombok. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com