Mataram, LombokInsider.com – Sebagai wujud dukungan terhadap target pemerintah provinsi untuk mencapai angka 4 juta kunjungan wisatawan, baik nusantara dan mancanegara, Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB menggelar Focus Discussion Group (FGD) dengan tema “Halal Tourism Sebagai Strategi Mencapai Empat Juta Wisatawan”, di Lombok Astoria Hotel Mataram, Senin (23/7).

Ketua BPPD NTB, Fauzan Zakaria mengatakan bahwa saat ini NTB sedang giat membangun kepariwisataan. “Setiap daerah memiliki ciri khas dan potensi andalan masing-masing. Dengan potensi destinasi wisata yang begitu banyak NTB menjadikan pariwisata menjadi salah satu core pembangunan ekonominya,” jelas Fauzan.

Menuruntya, dengan segala potensinya, Lombok dan Sumbawa bahkan telah diakui oleh Menteri Pariwisata sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia.

“Karenanya dalam menentukan arah dan strategi yang baik dalam membangun pariwisata serta implementasi dari konsep wisata halal yang telah dipilih NTB sebagai pembeda dari daerah lain, semua pihak harus bersinergi, baik pemerintah, stakeholder pariwisata dan masyarakat dalam penguatan branding wisata halal tersebut,” ujar Fauzan.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata NTB, HL. Moh. Faozal dalam sambutannya sekaligus membuka secara resmi FGD ini menyatakan bahwa Lombok telah berhasil meraih gelar Destinasi Wisata Halal Terbaik Dunia, hal ini memberi nilai tambah bagi branding pariwisata NTB. Namun, menurutnya, para pemangku kepentingan pariwisata di NTB harus memiliki kesamaan visi dan misi tentang bentuk dan konsep pariwisata, khususnya tentang pariwisata halal ini.

“Potensi yang ada harus dikelola dengan tepat, selain strategi pengelolaan, strategi pemasaran dan promosi juga harus dilakukan dengan tepat,” katanya.

“Kesuksesan branding wisata halal akan berhasil jika kita semua bersinergi, menyamakan visi dan misi serta strategi dalam mengembangkannya,” ucap Faozal.

Faozal juga mengatakan, sejumlah hal yang perlu dibahas dalam rakor ini, yakni tata kelola destinasi, penguatan sumber daya manusia (SDM), penguatan peran stakehorder dan memperkuat konektifitas akses menuju Lombok pada khususnya.

“Jika hal tersebut dapat segera kita rumuskan, maka dapat dipastikan akan mendongkrak kunjungan wisatawan di NTB, yang tahun ini targetnya 4 juta kunjungan wisatawan” tegas Kadispar NTB ini.

Rapat Koordinasi Promosi BPPD NTB yang berupa FGD ini dihadiri puluhan peserta yang terdiri dari kalangan akadimisi, asosiasi pengusaha pariwisata, asosiasi profesi pariwisata, toko masyarakat, budayawan dan media yang ada di NTB. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com