Mataram, LombokInsider.com – Libur sekolah memang telah berlalu dan anak-anak telah kembali belajar dalam beberapa hari ini. Selama liburan kemarin, berbagai tempat wisata dan taman-taman bermain di Kota Mataram dan Kabupaten/Kota yang ada di NTB sangat ramai dikunjungi masyarakat. Salah satunya Taman Udayana, sudah beberapa tahun terakhir, Taman Udayana memang telah menjadi salah satu objek wisata bagi masyarakat Mataram khususnya, setiap pagi dan sore taman ini dipenuhi oleh warga baik yang berolah raga, ataupun kelompok keluarga yang mengajak anak-anaknya bermain disana.

Ramai Saat Hari Libur

Permainan Pancing Ikan Termasuk yang Banyak Digemari, utamanya oleh anak-anak Balita.

Selain letaknya yang sangat dekat bagi masyarakat diseputar Kota Mataram, Taman Udayana merupakan taman yang sangat ramai ketika masa liburan kemarin, juga merupakan tempat hiburan yang murah meriah bagi keluarga, karena tidak ada biaya masuk, anda hanya bayar parkir dan dapat bermain sesuai selera anak dan kemampuan orang tua. Bagi yang tidak mau repot pergi jauh-jauh dengan biaya yang cukup besar, untuk mengunjungi destinasi wisata, tempat ini sangatlah tepat. Dengan banyaknya pedangang mainan anak-anak yang sangat terjangkau. “Disini enak, dekat dari rumah, murah meriah dan cukup lengkap, sambil menunggu anak-anak bermain kita pesan makanan dan minuman sambil menikmati suasana taman,” ungkap seorang pengunjung.

Produk kuliner juga tersedia hampir disepanjang kiri-kanan jalan, menjadi indikator menggeliatnya perekonomian masyarakat sekitar dengan keberadaan taman ini. Berbagai jenis makanan dan minuman tersedia seperti, sate bulayak, mi goreng, nasi goreng, bebek tulang lunak, mi ayam, bakso dan masih banyak makanan lainnya. Demikian juga dengan minuman seperti: aneka jus buah, kopi, the dan soft drink. Banyak juga pengunjung yang datang hanya sekedar untuk menikmati kuliner yang ada disana, selain itu banyak juga yang memanfaatkan taman ini untuk tempat pertemuan sambil bersantai, membuat tempat ini menjadi satu tempat dengan berbagai fasilitas.

Car Free Day

Permainan Mobil-mobilan juga Banyak Peminatnya.

Selain pada saat libur khusus dan hari biasa, pada Minggu pagi dari pukul 06:00-09:00, disepanjang jalur jalan Udayana diterapkan Car Free Day (hari bebas kendaraan bermotor) walaupun waktunya singkat tetapi cukup efektif mengurangi polusi udara ditengah kota Mataram yang sudah sangat padat oleh kendaraan bermotor roda dua dan empat. Minggu pagi memang saat yang tepat bagi keluarga anda untuk sekedar bersantai dan berolah raga di taman udayana, jangan khawatir karena berbagai macam kebutuhan anda tersedia disana. Karena pada Minggu pagi semua pedagang dari baju, makanan, minuman, buah, permainan anak dll, tumpah ruah menjadi satu dengan para pembeli.

Fasilitas Taman Udayana

DIGEMARI. Sate Bulayak, Salah Satu dari Banyak Kuliner yang Tersedia di Taman Bermain Udayana.

Selain sebagai taman bermain dan kuliner, Taman Udayana juga menjadi pusat olah raga ditengah kota karena pemerintah kota Mataram menyediakan fasilitas seperti jogging track sekitar 2-3km keliling taman, musholla, beberapa alat olah raga kebugaran juga dipasang, tempat latihan skate board dan juga lapangan basket, serta tempat parkir yang luas ditunjang dengan jalanan yang bersih dari kotoran kuda, karena cidomo memang dilarang melalui jalan Udayana.

Selain itu taman-taman yang ada, baik yang lama, maupun yang sedang dibuat dipenuhi bunga-bunga menambah keindahannya, demikian juga pohon-pohon rindang sehingga oksigen yang dihasilkan membuat udara sekitarnya semakin segar untuk dihirup oleh mereka yang sekedar bermain ataupun berolah raga.”Enaknya disini pohonnya banyak dan rindang jadi sejuk dan segar disebelah barat juga ada sawah yang membentang,” jawab Nuri seorang pengunjung yang sedang berolah raga, ketika ditanya mengapa memilih taman Udayana untuk tempat olah raga. Bahkan pada akhir 2016 lalu, telah dibuat Taman Lansia di area ini, tentunya untuk memfasilitasi kaum lanjut yang ingin bersantai menikmati taman.

Sejarah

Dari sejarahnya taman Udayana sendiri telah diresmikan pada Agustus 1988 masa pemerintahan Gubernur H. Gatot Suherman, hal itu dapat kita ketahui dari monumen yang diatasnya terletak batu besar ditengah taman Udayana, ini berarti sudah sekitar 28 tahun. Disekeliling monumen juga tergambar relief-relief kegiatan kehidupan masyarakat kota Mataram sehari-hari, seperti berdagang, bertani dll. Seiring berjalannya waktu Taman Udayana banyak mengalami perbaikan infrastruktur untuk menunjang fungsinya sebagai pusat bermain dan olah raga, serta menambah keasriaan dan kenyamanan para pengunjungnya. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com