Menyasar Pangsa Pasar Pelajar, Mempekerjakan Tenaga Lokal

 

Masa liburan sekolah memang belum tiba, tetapi siswa tingkat SMP-SMA telah menyelesaikan UAN dan UNAS sehingga mereka telah terbebas dari kepenatan menjelang dan saat ujian. Hal itulah yang terlihat di Nirwana Water Park, Jl. Jenderal Sudirman 99 Gegutu, Rembiga, saat saya dan keluarga mengunjunginya Sabtu (14/5).

Jarak yang dekat dari rumah kami menjadi salah satu pertimbangan untuk bermain ke Nirwana. Sekitar pukul 09.00 kami tiba dan langsung masuk. Suasana memang masih sepi, namun beberapa saat kemudian pengunjung lain pun berdatangan. “Alhamdulillah hampir setiap hari pengunjungnya ramai. Biasanya memang ramainya mulai pukul 10:00 ke atas,” kata Baiq Agustina Widyawati, Manajer yang bertanggung jawab terhadap operasional sehari-hari, sambil tersenyum.

Nirwana Waterpark dibuka untuk umum pada 10 September 2014. Sebagai pemain baru dalam bisnis ini, manajemen dan pemilik punya cara tersendiri untuk menarik pengunjung datang yakni dengan berkerjasama dengan pemasaran untuk mempromosikan keberadaan mereka.

Segmen pasar yang dituju adalah anak sekolah, sehingga memang rata-rata pengunjung yang datang dari kalangan pelajar. “Memang kami juga bekerjasama dengan sekolah-sekolah. Nah, mereka datang beramai-ramai ada potongan harga khusus,” jelas Baiq Tina.

“Kalo pengunjung ramai seperti ini tiap hari, karyawan tetap kami yang berjumlah 25 orang masih terasa kurang sehingga kami mesti mencari karyawan yang dibayar harian,” pungkas Tina.

Memang benar, ketika kami sekeluarga sampai ditempat parkir akan pulang, terlihat sekitar 5 buah engkel atau mobil angkutan semi bis yang sedang parkir. Bayangkan jika kapasitas satu engkel sekitar 25 orang dikalikan 5 sudah ada sekitar 125 orang didalam sana sedang bermain air. Kebanyakan pengunjung dari Lombok Timur.

Kepedulian Sosial

Masih menurut Tina, pemilik wahana ini adalah dr. Hamsu Kardingan memang hobi futsal dan anaknya suka berenang. Keberadaan wahana ini juga bertujuan untuk ikut serta memajukan pariwisata Mataram. “Dengan adanya Nirwana Waterpark ini diharapkan dapat menjadi pemasukan bagi APBD dan juga untuk membantu meningkatkan perekonomian warga sekitar,” jelas Tina.

Lebih lanjut Tina menjelaskan Nirwana Waterpark memilki fasilitas yang

Asyik bermain dan berenang di Nirwana Water Park, Mataram.

Asyik bermain dan berenang di Nirwana Water Park, Mataram.

cukup lengkap diantaranya meeting room, water boom, kiddy pool, kolam semi Olimpik, kali arus, yakuzi, futsal, café dan billiard, food court, akses Wi-fi dan Outbuond serta tempat parkir yang luas.

“Kami memilki kelebihan tersendiri dari waterpark yang lain yakni kebersihan lingkungan dan air, pelayanan dan kenyamanan pengunjung adalah prioritas utama kami,” lanjut Tina.

“Akses jalan lebar dan jarak yang dekat dari arah manapun merupakan keuntungan tersendiri bagi kami, karyawan kami pun berasal dari wilayah Rembiga sesuai dengan kepedulian sosial pemiliknya,” tambah Tina.

Pagi itu banyak pengunjung di Nirwana Waterpark. Seorang pengunjung dan keluarganya tengah asyik berenang dan bermain. “Enak di sini, kolamnya banyak, airnya bersih, dan dekat juga dari rumah,” ungkap Yayuk seorang pengunjung. (LI/AA)

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono