Asian Surfing Championships

Sekongkang, LombokInsider.com – Kabupaten Sumbawa Barat memang kaya akan tempat bermain selancar air atau surfing yang memiliki ombak menantang dan terkenal di kalangan peselancar air dunia. Yang paling terkenal antara lain Pantai Jelenga (Scar Reef), Pantai Maluk (Super Suck), dan Sekongkang (Yoyo dan Tropical). Tempat-tempat tersebut telah beberapa kali dijadikan arena lomba selancar air tingkat internasional.

Kali ini Pantai Yoyo di Sekongkang yang dipilih untuk menjadi arena oleh The Asian Surfing Championships sebagai salah satu arena The 2016 ASC Tour Calendar dengan perlombaan yang disebut The West Sumbawa Open.

Demikiain diumumkan dalam laman web Asian Surfing Championships pada 23 Mei 2016 lalu.

Dilaporkan bahwa Yoyo di Sekongkang, Sumbawa Barat akan menjadi tempat even lomba Grade 3 Pria dan Grade 2 Wanita yang menawarkan hadiah tunai sebesar Rp125 juta yakni Rp75 juta untuk kelas Pria dan Rp50 juta untuk kelas Wanita. Perlombaan ini akan dilaksanakan pada 16-20 Juli 2016.

Bintang Utama

Ini merupakan sebuah kemajuan. Pada perlombaan selancar air tingkat internasional maupun tingkat Asia yang diadakan di Sumbawa Barat sebelumnya hanya menempatkan Yoyo sebagai tempat cadangan karena ombaknya yang konsisten dan berkelas. Namun tahun ini Yoyo akan menjadi bintang utama pertunjukkan selancar air karena menawarkan ombak yang besar, pemandangan alam yang indah, dan banyaknya akomodasi di sekitarnya.

“Saat ini panitia sedang menyiapkan paket perjalanan yang bermula dari Bandara Internasional Lombok, yang meliputi perjalan darat dan laut ke Sekongkang dan kembali ke Bandara Internasional Lombok termasuk akomodasi dan makanan selama perlombaan,” demikian penjelasan Asian Surfing Championships.

Di Sekongkang saat ini telah berdiri banyak hotel yang mengkhususkan untuk melayani tamu-tamu yang datang untuk bermain selancar air. Yang paling besar adalah Nomad Tropical Surf Resort yang memiliki 26 kamar mewah dan kolam renang yang besar. Lalu ada Yoyo’s Hotel, Yoyo Homestay, Rantung Beach Hotel dan Sing Ken Ken Beach House. Tidak jauh dari Sekongkang, juga terdapat banyak hotel di Maluk yang sebagian besar tamunya adalah para peselancar air dari pelbagai dunia. Mereka kebanyakan datang ke Sumbawa Barat dengan mengendarai motor maupun mobil sewaan. (LI/KM)

 

Photo credits: Asian Surfing Championships, Nomad Surf Resort Sumbawa

Nomad Surf Resort Sumbawa

Nomad Surf Resort Sumbawa

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono