Pantai Maluk di Kabupaten Sumbawa Barat

Taliwang, LombokInsider.com –Bila Bali dan Lombok memiliki pantai indah berpasir putih bernama Kuta, maka Sumbawa Barat memiliki Maluk. Meskipun banyak pantai indah berpasir putih di Sumbawa Barat, namun Pantai Maluk masih menjadi favorit.

Pantai Maluk di satu sisi memiliki hamparan pasir yang indah dan panjang serta garis pantai yang datar serta perairan yang tenang sehingga cocok untuk berenang atau bermain-main di pantai. Karena itu pantai ini ramai dikunjungi masyarakat terutama pada akhir pekan atau pada hari libur. Apalagi di Pantai Maluk juga tersedia sarana permainan anak-anak sederhana.

Super Sucks

 

Namun di bagian lain, Pantai Maluk juga memiliki ombak yang besar dan tinggi sehingga menjadi salah satu tempat favorit bagi wisatawan selancar air dari pelbagai negara. Super Sucks adalah nama tempat yang memiliki ombak yang tinggi dan menantang. Lokasinya di sebelah pantai Maluk. Di sanalah para peselancar dari seluruh dunia berkumpul dan bermain selancar air.

Para peselancar biasanya datang dari Bali dengan mengendarai mobil atau sepeda motor dengan papan seluncur mereka. Mereka menginap di hotel-hotel kecil yang banyak tersedia di Maluk dan sekitarnya. Mereka berhari-hari menghabiskan waktunya bermain-main ombak di pantai Maluk; atau pergi ke Pantai Sekongkang yang terkenal dengan tempat selancar air Yoyo’s dan Tropical.

Kuliner

Selain daya tarik alam lautnya, Pantai Maluk juga terkenal dengan kuliner khas Sumbawa.

INDAH MENAWAN. Pemandangan pantai Maluk dengan pasir putih dan air jernih.

INDAH MENAWAN. Pemandangan pantai Maluk dengan pasir putih dan air jernih.

Menu sepat dan singang merupakan dua menu favorit di Pantai Maluk. Selain itu ada juga rarit atau daging sapi goreng yang gurih. Yang juga favorit di pantai ini adalah kelapa muda dan pisang goreng renyah.

Sebagai sebuah kota kecil yang berada dekat dengan lokasi perusahaan pertambangan, Maluk juga memiliki banyak rumah makan dengan pelbagai cita rasa. Masakan khas Sumbawa, Jawa, Sasak dan bahkan Padang tersedia di sepanjang jalan kota Maluk.

Akses ke Pantai Maluk bisa ditempuh dari Pelabuhan Tano dengan bus umum atau travel dengan masa tempuh sekitar satu jam. Hotel non-bintang banyak tersedia di Maluk antara lain Hotel Kiwi, Baku Dapa, dan Tropical. Bank, ATM dan bahkan layanan laundry tersedia di kota kecil ini. (LI/KM)

 

Foto: Rangga Askarani dan Kasan Mulyono

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono