Praya, LombokInsider.com – Progres pembangunan di KEK Mandalika zona barat yang meliputi areal di sepanjang Pantai Kuta, Masjid Nurul Bilad, hingga Novotel sudah mencapai 60 persen, sedangkan badan jalan utama sudah selesai.

Hal ini disampaikan Direktur Konstruksi dan Operasi PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesian Tourism Development Corporation (ITDC) Ngurah Wirawan, di D’Praya hotel, Praya, Lombok Tengah, Kamis (26/7).

Sementara untuk pembangunan badan jalan di zona tengah yang diproyeksikan sebagai lokasi sirkuit MotoGP seluas 160 hektar baru mencapai sepuluh persen. Ngurah menyebutkan, persentase ini meliputi progres pembangunan sejumlah hotel berstandar internasional.

“Kelebihan dan keuntungan yang kita miliki adalah, jalurnya lebih menantang dan menawarkan pemandangan alam yang mungkin tidak bisa didapatkan di tempat lain, karena menjadi satu kesatuan dengan kawasan destinasi wisata,” jelas Ngurah.

“Bisa jadi yang kita bangun disini menjadi sirkuit MotoGP terbaik di dunia, dengan perpaduan fasilitas standar internasional, ditunjang dengan keindahan destinasi wisata di The Mandalika ini,” ujarnya.

“Namun semua harus sesuai standar sirkuit internasional, misalnya tikungannya seperti apa dan kualitas jalannya juga. Ini menjadi tugas dari Vinci Construction untuk memastikannya,” kata Ngurah.

Selain sebagai sirkuit, jalan yang dibangun merupakan jalan kawasan yang bisa dilalui sehari-hari, seperti layaknya sirkuit di Monaco, Singapura dan Macau. Dari keseluruhan fasilitas jalan, panjang jalan yang akan digunakan untuk sirkuit hanya sekitar 4,8 km saja.

“Bedanya dengan Monaco, Singapura dan Macau di sana itu kotanya dulu baru bangun jalannya, di kita ini benar-benar baru semua, baik jalan dan kawasan,” tegas Ngurah.

Ngurah menjelaskan, perusahaan internasional berbasis di Perancis Vinci Construction Grand Projects (VCGP) direncanakan menandatangani Land Use & Development Agreement (LUDA) untuk membangun sirkuit MotoGP pada akhir Juli ini. (LI)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com