Praya, LombokInsider.com – Sinergitas sangatlah penting, apa yang telah dilakukan oleh Pemerintah Pusat dan Daerah Nusa Tenggara Barat (NTB) diharapkan dapat memberikan efek positif terhadap kemajuan industri pariwisatanya, khususnya saat ini dimana industri pariwisata NTB sedang mendapat cobaan yang cukup berat pasca gempa dan mahalnya harga tiket pesawat.

“Festival Pesona Bau Nyale ini betul-betul kita hajatkan sebagai pendorong bagi kemajuan pariwisata di NTB. Semoga even ini menjadi awal bagi even-even berikutnya lebih berhasil lagi dan juga event ini mudah-mudahan jadi penyemangat bagi NTB,” kata Sitti Rohmi Djalilah, Wakil Gubernur NTB saat jumpa pers bersama media di Pantai Seger, Ahad (24/2).

Wagub menjelaskan bahwa sebagai daerah pariwisata maka kita secara moral bertanggung jawab kepada daerah kita yang sangat indah bisa kita jaga NTB yang bersih lestari dan nyaman untuk Indonesia.

“Semoga kita bisa mengambil hikmah dari pelaksanaan even ini, karena cerita Putri Mandalika ada inspirasi yang bisa kita ambil yakni sesorang yang korbankan dirinya demi menjaga kondusivitas NTB Insya Allah kita bisa ambil hikmah,” jelasnya.

Sementara, Staf Ahli Kemenpar Esty Reko Astuti mengatakan, even ini merupakan satu dari empat event NTB yang masuk dalam 100 kalender pariwisata nasional bersama Festival Pesona Tambora, Festival Pesona Moyo dan Pesona Khazanah Ramadhan.

“Menpar menyampaikan Bau Nyale bisa menjadi pendorong bagaimana mengembangkan destinasi, NTB dengan Mandalika salah satu destinasi prioritas dan ajang ini salah satu atraksi unggulan,” jelas Esty.

Menurutnya, ini sesuai dengan pesan presiden untuk membuat even harus secara profesional dan komitmennya beberapa hari sebelum kegiatan kita coba fasilitasi teman teman di daerah daerah agar penampilan lebih baik dan ada drama kita sudah mendatangkan Denny Malik berikan pendampingan.

“Satu lagi komitmen kami menjadikan ekonomi kreatif khususnya busana jadi profesional menghadirkan Samuel Watimena saat kreatif dialog ini dukungan dan fasilitasi yang kita berikan kita dukungan promosi,” ujarnya

“Kita semua berharap kegiatan ini semakin profesional kedepannya sehingga dapat memberikan dukungan bagi pariwisata NTB untuk datangkan pengunjung,” tegas Esthy.

Senada, Wakil Bupati Lombok Tengah (Loteng) Pathul Bahri, menjelaskan bahwa even Nyale ini sudah berpuluh puluh tahun dan merupakan peninggalan dari leluhur.

“Even Bau Nyale ini dari dulu selalu terlaksana, nmaun Alhamdulillah sejak dua tahun terakhir ini masuk dalam 100 wonderful event Kemnpar. Saya pribadi ikut saat launching di bandara Soetta,” jelas Pathul.

Pemerintahnya berharap semakin tahun kegiatan ini akan semakin baik. “Mewakili keluarga besar Loteng saya ucapkan terima kasih atas sinergitas pemerintah dari tingkat pusat, provinsi dan kabupaten, sehingga bisa memberikan multiplier effect yang semakin baik,” tegasnya. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com