Mataram, LombokInsider.com – Pemerintah Pusat dan Daerah bersinergi membangun kawasan KEK Mandalika dan Labuan Bajo. Hal tersebut terlihat dari seriusnya pembahasan progress pembangunan kedua kawasan wisata prioritas tersebut dalam Rapat Koordinasi Dukungan Pemerintah Daerah Dalam Rangka Percepatan Pengembangan Kawasan Pariwisata Mandalika dan Kawasan Pariwisata Labuan Bajo Flores di Lombok Raya Hotel, Mataram, Selasa (9/7).

Dalam rapat tersebut, Pj. Sekda NTB menyampaikan bahwa banyak hal yang telah dilaksanakan dan sedang berjalan berkaitan dengan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

“Semua yang menjadi tugas dan kewenangan provinsi, kami akan ambil alih, tapi pada prinsipnya bahwa upaya kita untuk percepatan pembangunan itu sudah berjalan,” terang Iswandi.

Ia juga mengungkapkan bahwa Gubernur memberikan antensi untuk memperkuat koordinasi dengan pemerintah terkait, baik itu pemerintah kabupaten maupun koordinasi dengan pemerintah pusat agar pembangunan KEK berjalan seperti yang diharapkan.

“Seperti yang dikeluhkan oleh pemerintah setempat, bahwa pembahasan anggaran hanya kita laksanakan pada pertemuan seperti ini yang sifatnya dalam waktu tertentu saja,” ungkapnya.

Ia menyampaikan kepada semua pihak terkait, bahwa sudah saatnya koordinasi dilaksanakan secara intensif antar lembaga, baik itu secara vertikal maupun horizontal.

Sebagai langkah untuk meniadakan kesenjangan antara KEK Mandalika dengan desa-desa yang berada di sekitar KEK, Iswandi mengatakan pemerintah sudah melaksanakan program-program diantaranya, program desa wisata yang akan mengimbangi KEK Mandalika agar tidak ada kesenjangan sosial maupun ekonomi disekitar KEK Mandalika.

Sementara Direktur Konstruksi dan Operasional ITDC Ngurah Wirawan mengatakan bahwa pihaknya juga telah menyelesaikan beberapa infrastruktur di dalam kawasan yang memang merupakan tugas dari ITDC sebagai operator pembangunan KEK Mandalika.

Senada dengan Sekda NTB dan pihak ITDC, Pemda Loteng dan juga Kepala Dinas Pariwisata NTB memaparkan berbagai progress yang telah dilakukan sesuai dengan tupoksi masing-masing. (LI)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com