Sembalun, LombokInsider.com – Lembah Sembalun baru saja terpilih sebagai Destinasi Bulan Madu Ramah Wisatawan Muslim Terbaik pada ajang World Halal Tourism Award (WHTA) di Abu Dhabi awal Desember lalu. Sebelumnya nama Sembalun memang sudah sangat terkenal di Lombok, bahkan Indonesia sebagai destinasi wisata dengan keindahan pemandangan alamnya yang berada di kaki Gunung Rinjani dan suasana sejuk yang dirasakan ketika kita berada disana, hal ini tentunya sangat tepat dan mendukung untuk memilihnya sebagai tempat berbulan madu. Selain itu Sembalun juga menjadi salah satu pusat agrowisata di NTB, yang mana pengunjung atau wisatawan yang datang dapat memetik buah Stroberi langsung di kebun serta menikmatinya.

Akses Jalan

Salah satu Spot Foto yang Sering digunakan oleh Wisatawan untuk Berfoto Bersama.

Salah satu Spot Foto yang Sering digunakan oleh Wisatawan untuk Berfoto Bersama.

Perjalanan menuju Sembalun dari Mataram dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 3 jam, dengan kecepatan normal dan kondisi jalan ramai. Kondisi jalan yang bagus dan mulus namun memiliki medan yang cukup berat dengan tanjakan, turunan dan tikungan tajam sebelum mencapainya akan terbayar lunas dengan keindahan alam Sembalun dan segarnya udara pegunungan disana. Belum lagi bagi penggemar fotografi, begitu banyak titik foto indah dan menarik untuk diabadikan, seperti suasana pegunungan yang diselimuti kabut misalnya.

Akomodasi

Seiring perkembangannya sebagai salah satu destinasi wisata andalan bahkan keluar sebagai pemenang Destinasi Bulan Madu Ramah Wisatawan Muslim Terbaik versi WHTA 2016, tentunya sarana dan prasarana pendukung yang ada saat ini perlu pembenahan. Begitu banyak penginapan kelas melati hingga hotel bintang yang tersedia, dari pengamatan LombokInsider.com beberapa waktu lalu, di beberapa penginapan bahkan sekelas hotel bintang sebagai sarana akomodasi yang ada disana belum tersedia arah qiblat, sajadah dan kebutuhan pendukung standar lainnya bagi wisatawan muslim yang menginap, padahal hal ini sangat krusial apalagi Sembalun telah mendapat predikat terbaik tersebut.

Salah satu Fasilitas Akomodasi yang Tersedia di Sembalun, Hotel dan Restoran Nusantara.

Salah satu Fasilitas Akomodasi yang Tersedia di Sembalun, Hotel dan Restoran Nusantara.

Pembenahan Fasilitas

Terkait hal itu Kadis Budpar NTB HL. Moh Faozal mengatakan pihaknya akan segera melakukan koordinasi dengan pelaku industri akomodasi yang ada. “Tentunya hal ini menjadi salah satu konsen kami di Disbudpar, untuk segera melakukan sosialisasi bersama pelaku industri akomodasi yang ada disini, agar hal-hal yang menyangkut kebutuhan standar wisatawan muslim ini dapat terpenuhi,” kata Moh. Faozal, disela-sela acara Clean-Up Rinjani di hotel dan restoran Nusantara, beberapa waktu lalu. Faozal menambahkan bahwa Disbudpar NTB sendiri telah membangun sekitar 38 unit toilet umum di destinasi-destinasi wisata yang letaknya jauh dari jangkauan pemerintah kota maupun provinsi termasuk di Sembalun.

Sementara itu Hugeng Angkoso Joyo ditempat yang sama menjelaskan pihaknya sebagai salah satu pemilik akomodasi di Sembalun yakni Hotel dan Restoran Nusantara, sejauh ini telah berupaya memenuhi standar halal terkait Lombok sebagai salah satu destinasi halal dunia. “Di tempat kami untuk makanan dan minuman halal telah terpenuhi, walaupun belum bersertifikasi MUI, karena dari awal kami berkomitmen mendukung program pemerintah,” jelas Hugeng. Hotel dan Restoran Nusantara merupakan salah satu hotel baru dengan 20 kamar, dengan pemandangan alam berlatarbelakang Gunung Rinjani, dengan fasilitas standar hotel bintang.

Tingkat Hunian

Hampir Semua Sayuran Segar yang dijual di Pasar Tradisional dan Modern di Mataram Berasal dari Sembalun.

Hampir Semua Sayuran Segar yang dijual di Pasar Tradisional dan Modern di Mataram Berasal dari Sembalun.

Menurut Hugeng saat ini untuk kunjungan tamu mencapai rata-rata 60%, terutama pada akhir pekan. “Untuk akhir pekan tamu yang masuk bisa mencapai lebih dari 60%, ini sudah seperti puncak di Jakarta, banyak tamu lokal dari Mataram, untuk tamu luar banyak dari Malaysia dan Singapura,” ungkapnya. Hugeng mengatakan bahkan ketika diadakan acara lomba lari Rinjani100 pada Juli lalu hotel-hotel atau penginapan di seluruh Sembalun penuh, oleh peserta dan keluarganya. Tentunya hal ini menjadi satu kebanggaan bagi Lombok, sekaligus menjadi indikator perkembangan dan kemajuan pariwisata, terutama untuk sport tourism dan destinasi wisata alam.

Yang juga membuat Sembalun demikian terkenal adalah Rinjani sebagai salah satu gunung di NTB dan Indonesia yang sangat digemari oleh para pendaki untuk mendakinya, sedang Sembalun merupakan lembah dan salah satu pintu resmi pendakian selain Senaru, yang ada di kaki Rinjani. Inilah faktor yang saling mendukung antara berkembangnya daerah wisata Sembalun dan Gunung Rinjani. Sembalun juga merupakan pusat tanaman sayur-mayur yang dijual dipasar-pasar tradisional hingga modern di Mataram. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com