Mataram, LombokInsider.com – Sembalun Challenge 2017 kembali digelar di Lombok, ini untuk kali kedua sepeda santai berkecepatan rata-rata 30 km/jam dilaksanakan di Pulau Seribu Masjid. Sembalun Challenge adalah gowes biasa yang bertujuan untuk mempromosikan destinasi wisata yang ada, sepanjang jalur dari depan Pendopo Kantor Gubernur menuju Sembalun, kaki Gunung Rinjani Lombok Timur.

“Sembalun Challenge memang sengaja dibuat non race dengan kecepatan maksimal hanya 30 km/jam, karena jika tidak dibatasi dan kecepatan tinggi, maka maksud dan tujuan untuk mempromosikan keindahan alam dari jalur yang dilewati tidak akan tercapai,” jelas Yulius, sebagai panitia pelaksana, disela-sela jumpa pers di Kantor Dinas Pariwisata NTB, kemarin (21/4).

Sepeda santai ini akan menempuh jarak sekitar 100 km, dihitung mulai start dari Mataram hingga tiba di Pusuk, Sembalun. Jalur yang akan dilewati para goweser adalah dilepas dari depan Kantor Gubernur pagi ini (22/4), kemudian bergerak menuju Jl. Bung Karno ke Pagutan dan tembus ke jalur by pass, melewati patung sapi menuju LIA, kemudian Bendung Batu Jai belok kiri menuju Praya.

Kemudian dari Praya menuju Kopang, Masbagik, Aikmel, Suela dan Finish di Sembalun. 200 peserta dipastikan mengikuti lomba sepeda ini, baik dari dalam negeri maupun luar, serta dari lokal Lombok dan Sumbawa. “Dari dalam negeri peserta berasal dari Makkasar, Surabaya, Balikapapan, Jakarta, Solo, sementara dari luar ada dari Malaysia, Singapur, Thailand dan Kamboja,” lanjut Yulius yang merupakan panitia lokal dari Lombok Bike Community (LBC).

Diwaktu yang sama HL. Moh. Faozal, Kepala Dinas Pariwisata NTB mengatakan, Sembalun Challenge merupakan bagian dari Sport Tourism yang diadakan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Lombok dan Sumbawa. “Dimana target untuk 2017 ini adalah 3,5 juta orang wisatawan, yang mana 1,5 juta diantaranya adalah wisatawan mancanegara. Atau mendatangkan wisatawan ke NTB sebanyak-banyaknya,” ungkapnya.

Untuk kelas sepeda santai, Sembalun Challenge termasuk yang cukup menantang, selain karena jarak yang cukup jauh, juga tingkat kesulitan yang dihadapi para pembalab juga cukup tinggi. Karena jalur menuju Sembalun dikenal memiliki tanjakan yang panjang, berliku dan cukup tingi. Untuk tahun kedua ini, panitia menyiapkan  total hadiah hingga Rp24 juta, yang mana Juara 1 akan mendapatkan Rp3 juta, Juara 2, Rp2 juta dan Juara 3, Rp1 juta, serta bermacam-macam doorprize, mulai sepeda, led tv, lemari es dan lain-lain.

Semalam para peserta telah disambut dengan malam ramah tamah, gala dinner dan perkenalan. Pagi tadi tepat pukul 06:00 wita 200 orang peserta dilepas dari depan Kantor Gubernur NTB dan segera melesat menuju Sembalun, diperkirakan peserta pertama akan tiba di Sembalun sekitar pukul 13:00 wita. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com