Spanyol, LombokInsider.com – Grup DORNA, selaku pemegang hak komersial dan TV ekslusif untuk kejuaraan balap motor terkemuka di dunia, dan ITDC, perusahaan pengembang dan operator destinasi pariwisata terbesar di Indonesia, bersama-sama mengumumkan dua Kontrak Promoter (Promoter’s Contracts) secara terpisah yakni FIM Road Racing World Championship Grand Prix, yang sering disebut dengan FIM MotoGP™World Championship, dan MOTUL FIM Superbike World Championship.

Penandatanganan telah dilakukan antara Carmelo Ezpeleta, CEO DORNA dan Abdulbar M. Mansoer, selaku Direktur Utama dari ITDC, di kantor DORNA di Madrid, Spanyol pada 28 Januari 2019, di hadapan tim Senior Manajemen dari kedua belah pihak dan disaksikan oleh Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Kerajaan Spanyol, Drs. Hermono M. A.

Perjanjian menegaskan bahwa Indonesia akan menyambut MotoGP™ dan MOTUL FIM Superbike World Championship pada 2021 mendatang di Pulau Lombok, tepatnya di The Mandalika, yang merupakan kawasan pariwisata berskala besar yang terintegrasi.

CEO Grup DORNA, Carmelo Ezpeleta mengungkapkan, “Betapa uniknya proyek ini, memiliki sirkuit perkotaan berkelas dunia di negara dimana MotoGP memiliki pengikut yang begitu besar. Indonesia adalah pasar utama bagi kami dengan pertimbangan presentase penggemar olahraga motor yang tinggal di sini dan atmosfer MotoGP akan semakin kuat begitu sirkuit ini selesai dibangun. Juga, dengan memasukkan Lombok ke dalam kalender WorldSBK menjadikan penawaran ini lebih menarik lagi bagi penggemar lokal yang akan memiliki dua acara Berkelas Dunia di derah itu setiap tahun.”

“Kami sangat gembira telah bermitra dengan DORNA dan sangat senang untuk dapat membawa acara olahraga motor kelas dunia ke Indonesia dan khususnya the Mandalika, Lombok,” tegas Direktur Utama ITDC, Abdulbar M. Mansoer.

Kedua belah pihak akan membuat pernyataan tambahan pada waktu yang akan ditentukan kemudian.

Tentang Kejuaraaan Dunia FIM MotoGP

MotoGP™ adalah kejuaraan dunia balap motor utama; sembilan belas seri balap yang diadakan di lebih dari lima belas negara dan beberapa benua yang diliput oleh televisi global. Banyak pengendara terkemuka di dunia dari berbagai bangsa berkompetisi dalam grid yang dilengkapi teknologi mutakhir untuk sepeda motor dengan mesin prototipe yang dipasang oleh pabrik-pabrik terkemuka di antaranya Aprilia, Ducati, Honda, Suzuki, Yamaha dan KTM.

MotoGP™ didirikan sebagai ajang kejuaraan dunia oleh FIM (Fédération Internationale de Motocyclisme) pada 1949, yang merupakan kejuaraan olahraga motor tertua di dunia dan terdiri dari tiga kelas balap yang berlangsung pada akhir pekan khas pertunjukan Grand Prix. Kejuaraan ini sebelumnya berlabel ‘500cc’, kemudian mengalami perubahan pada 2002 dengan peraturan teknis baru yang memungkinkan pengenalan mesin empat langkah dan meningkatkan kapasitas mesin menjadi 990cc sehingga menjadi MotoGP™.

Peraturan diubah pada 2007 dengan membatasi kapasitas mesin hingga 800cc, dan kemudian pada 2012 mengatur perpindahan mesin maksimum pada 1000cc. MotoGP™ telah didaftarkan oleh pemilik hak komersial DORNA Sports di bawah pengawasan FIM sejak 1992.

Tentang Indonesia Tourism Development Corporation

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) merupakan BUMN yang memiliki lini bisnis membangun dan mengembangkan kawasan pariwisata di Indonesia. Selama 45 tahun, Perseroan telah membangun dan mengelola the Nusa Dua, kawasan pariwisata terpadu seluas 350 ha yang berlokasi di Bali bagian selatan, yang menjadi salah satu kawasan pariwisata terbaik di dunia.

Dengan infrastruktur, akomodasi, dan fasilitas pertemuan yang berstandar internasional, membuat kawasan ini menjadi tuan rumah berbagai event resmi berskala internasional seperti APEC 2013, Bali Democratic Forum, Miss World 2013, dan baru saja IMF-World Bank Group Annual Meetings 2018.

Sejalan dengan strategi Pemerintah untuk meningkatkan sektor pariwisata menjadi sumber utama devisa negara dengan meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke Indonesia, ITDC ditugaskan untuk mengembangkan destinasi pariwisata di luar Pulau Bali. Dengan dukungan Pemerintah, ITDC memperoleh hak untuk mengembangkan dan mengelola the Mandalika di Lombok Tengah, NTB, dengan luas 1.175 hektar.  The Mandalika memiliki 16 km garis pantai yang indah dan dikelilingi bukit-bukit yang hijau, serta merupakan satu dari sepuluh destinasi pariwisata prioritas atau ‘Bali Baru’ yang ditetapkan pemerintah.

Pada 2017 the Mandalika telah resmi beroperasi sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan sejak itu telah menarik Real Estate Investment sebesar USD 1,3 Milyar. Saat ini, the Mandalika tengah dibangun sebagai destinasi pariwisata kelas dunia, dengan berbagai fasilitas dan atraksi berstandar internasional. (LI)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com