Mataram, LombokInsider.com – Gunung Rinjani telah resmi ditetapkan sebagai bagian dari Unesco Global Geopark oleh Unesco Executive Board. Gubernur Nusa Tenggara Barat, TGH. M. Zainul Majdi pada pembukaan Musrenbang Provinsi NTB, Senin (16/4) di Hotel Lombok Raya, menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah memberikan dukungan.

“Terimakasih kepada seluruh kepala daerah dan terkait Geopark Rinjani dan seluruh masyarakat NTB yang telah berusaha membantu dengan doa, melalui kegiatan-kegiatan dalam upaya kita menjadikan Rinjani sebagai Unesco Global Geopark,” kata Gubernur.

Selain pengakuan dari dunia, yang jauh lebih penting, menurut gubernur yang akrab di panggil TGB adalah menjaga prestasi yang telah dipercayakan sebagai bagian dari Unesco Global Geopark.

“Setelah ini tentunya tugas kita bersama untuk membenahi apa yang ada di Gunung Rinjani. Kualitas lingkungan harus kita jaga, masalah sampah, keamanan dan kenyaman, khususnya di jalur-jalur pendakian,” jelas TGB.

“Jangan sampai isu kebersihan itu kemudian masih ada. Mari kita bangun daerah kita dengan kekuatan kita, kita jaga kehormatan daerah kita dengan tidak merusak daerah kita ini, siapapun yang datang ke Rinjani, para pendaki gunung, penikmat keindahan alam, anda jangan mengotori daerah Rinjani. Jaga kebersihannya,” tegasnya.

Gubernur berharap Global Geopark ini akan bisa menjadi salah satu keunggulan baru untuk eco tourism di NTB.

Terkait hal ini, Kepala Dinas Pariwisata NTB, HL. Moh. Faozal menjelaskan dampaknya terhadap kepariwisataan NTB. “Namanya Global Geopark berarti pengakuan dunia, dampaknya pasti ada dan besar, tapi kalau dampak instan mungkin tidak bisa dinikmati langsung, begitu ditetapkan ramai ramai orang datang, tidak seperti itu juga,” kata Faozal.

“Tugas terberat kita itu setelahnya, karena standar-standar geopark itu akan terus terpantau oleh Unesco, tugas terberat kita itu pada maintenance status Global Geopark, itu yang harus kita rumuskan bersama. Tidak bisa sendirian, contoh kasus sampah itu tidak selesai oleh taman nasional tapi juga melibatkan pihak dan dinas terkait lainnya,” ujarnya.

“Tetapi dengan penetapan ini, maka potensi daerah kita bertambah dan wisata kita akan lebih berkembang, tenaga kerja juga akan lebih banyak terserap, lalu industri kreatif akan terus berkembang dan yang lebih penting dari itu, kita harus jaga jangan sampai kualitas lingkungannya menurun,” tegas Faozal.

“Di dunia ada ratusan Unesco Global Geopark. Dengan masuknya Gunung Rinjani menjadi Global Geopark telah menjadi ajang promosi yang efektif terutama bagi sektor kepariwisataan NTB. Tentunya, akan semakin banyak wisatawan baik nusantara maupun mancanegara yang tertarik untuk berkunjung ke Gunung Rinjani,” ucapnya.

Dengan penetapan ini, Menpar Arief Yahya juga ikut bangga. Menurutnya, semakin banyak pengakuan dunia yang mampir ke Indonesia, semakin menaikkan pamor Indonesia. Penetapan ini juga akan meningkatkan kujungan wisatawan ke NTB. Imbasnya tentu peningkatan ekonomi NTB.

Gunung Rinjani adalah gunung yang berlokasi di Pulau Lombok, NTB. Merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia dengan ketinggian 3.726 mdpl, serta terletak pada lintang 8º25′ LS dan 116º28′ BT, merupakan gunung terfavorit bagi pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com