Mataram, LombokInsider.com – Banyaknya acara Meeting, Incentive, Convention, Exhibition (MICE) yang diadakan di Lombok, Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu indikator bahwa industri pariwisata khususnya MICE di daerah ini semakin berkembang dengan pesat. Sebut saja Hari Pers dan Anak Nasional serta MTQ Nasional dan sekarang Kongres Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI), merupakan kegiatan bertaraf nasional yang mendatangkan banyak peserta dari seluruh Indonesia.

“Ini tentunya merupakan sesuatu yang membanggakan, dimana PARFI mengadakan kongres di Mataram Lombok, hal ini sekaligus menjadi indikator bahwa pariwisata MICE kita di Lombok semakin berkemba

Peserta. Ratusan Peserta dari Seluruh Indonesia Hadir Dalam Kongres PARFI XV.

Peserta. Ratusan Peserta dari Seluruh Indonesia Hadir Dalam Kongres PARFI XV.

ng,” ungkap Wagub H. Moh. Amin, pada saat memberikan sambutan. Hal senada juga diungkapkan Walikota Mataram H. Ahyar Abduh, menurutnya dengan semakin banyaknya acara-acara bertaraf nasional yang diselenggarakan di Mataram maka otomatis roda perekonomian masyarakat bergulir cepat, hal ini tentunya juga meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Mataram.

“PARFI adalah wadah yang berperan untuk membangun profesionalisme dan mengayomi para insan film Indonesia,” kata Staf Ahli Kementerian Komunikasi dan Informasi RI Woro Indah Widiastuti, pada sambutannya sekaligus membuka secara resmi Kongres PARFI ke-XV 2016 di Mataram. Sementara itu Ketua Umum PARFI periode 2011-2016 H. Gatot Brajamusti, mengatakan bahwa sampai saat ini organisasi PARFI masih dipenuhi catatan merah akibat konflik internal yang berkepanjangan. Melalui kongres ini diharapkan dapat mengakhiri berbagai konflik kepentingan yang ada di tubuh organisasi insan film Indonesia ini.

Pose. Artis Kawakan Pong Hardjatmo, Foto Bersama Duta Film dari Daerah.

Pose. Artis Kawakan Pong Hardjatmo, Foto Bersama Duta Film dari Daerah, Sesaat Sebelum Acara Dimulai.

Malam itu para peserta PARFI disambut acara ramah tamah oleh Pemerintah Kota Mataram, di Pendopo Walikota Mataram (26/8). Sementara keesokan paginya kongres berlangsung di Hotel Golden Tulip, Mataram (27-28/8), dihadiri oleh ratusan pesertanya dari seluruh Indonesia, beberapa diantaranya merupakan artis terkenal ibukota, seperti Pong Hardjatmo, Fendi “Brama Kumbara” Pradana, Toro Margen, Aditya Gumay, Vicky Prasetyo dan yang lainnya.

Paginya Kongres PARFI berlangsung seru, diwarnai interupsi yang bertubi-tubi dari para peserta yang berasal dari seluruh daerah di Indonesia, hal-hal yang dibahas meliputi masalah-masalah internal yang sedang terjadi, serta pemilihan kepengurusan baru ditingkat pusat dan daerah. Diharapkan kedepannya perfilm

an Indonesia dapat bangkit dan berperan sebagai salah satu media informasi yang harus berjalan seiring dengan pandangan hidup dan kebudayaan bangsa, sehingga dapat terus menyuguhkan tontonan yang positif bagi masyarakat yang akan mencerminkan identitas bangsa. Kepengurusan PARFI pusat untuk periode 2011-2016 adalah Ketua Umum Aa. G Brajamusti, Sekretaris Umum Aditya Gumay, sedangkan untuk DPD NTB Ketua Lalu Winengan dan Sekretaris L.Martadinata.

Setelah usai hajat ini lanjut pria yang akrab disapa Aa’ Gatot tersebut berharap siapapun yang terp

Baju Biru. Ketua Umum PARFI Terpilih Aa Gatot Brajamusti Periode 2016-2021.

Baju Biru. Ketua Umum PARFI Terpilih Aa Gatot Brajamusti, Periode 2016-2021.

ilih untuk memimpin PARFI legowo menjalankan masa baktinya dan fokus menjalankan amanat kongres. “Semoga nantinya yang terpilih dapat memberikan kekuatan baru pada ikatan persaudaraan dan persahabatan. Lebur kembali dalam jati diri kita yang penuh kedamaian, sesuai dengan tema kongres kali ini “Satu Hati Satu Rasa Untuk Film Indonesia,” harapnya.

Pada (28/8) kongres kembali menetapkan Gatot Braja Musti sebagai Ketua Umum DPP PARFI periode 2016-2021.
“Pemilihan Ketua Umum (DPP PARFI periode 2016-2021) berjalan dengan lancar. Merupakan suatu kebanggaan juga Lombok menjadi tuan rumah acara ini. Saya sangat berterima kasih kepada semua pihak yang mendukung penuh acara ini. Terutama kepada pemerintah Kota Mataram dan semua yang terlibat.” ujar Lalu Martadinata sebagai Panitia Pelaksana sekaligus Sekretaris PARFI NTB.(LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com