Mataram, LombokInsider.com – Setelah di launching di Jakarta pada 23 Maret dibarengi kegiatan Pacuan Kuda di Lepadi Kec. Pajo, Dompu, rangkaian kegiatan Festival Pesona Tambora resmi dimulai Sabtu (1/4) kemarin. Hal ini ditandai dengan kegiatan pemecahan Rekor Muri peserta terbanyak menggunakan pakaian adat Dompu. Yang terdiri dari ribuan penari yang menggunakan pakaian adat (Katente, Saremba dan Sambolo). Selain itu kegiatan ini juga berisikan joget bersama dari para penari tersebut. Pawai ini diakhiri dengan makan bubur bersama oleh TK dan SD se-Kabupaten Dompu.

FINALISASI. Jumpa Pers Finalisasi Persiapan Festival Pesona Tambora di Kantor Dispar NTB, Sabtu (1/4).

Kegiatan Festival Pesona Tambora 2017

Penjelasan kegiatan ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata NTB, HL. Moh. Faozal saat mengadakan Jumpa Pers dikantornya, bersama dengan para stakeholder parwisata NTB, seperti BPPD, ASITA, PHRI, PUTRI, media dan juga blogger.

“Acara dilanjutkan pada (2/4) dengan Barapan Kebo di Desa Tapir, Kecamatan Seteluk, KSB. Saat bersamaan juga diadakan makan ikan bersama di Kec. Kilo Dompu. Kegiatan berlanjut dengan Atraksi Paralayang dan Seni Budaya Rakyat di Desa Mantar, Kecamatan Pototano, pada (3-4/4),” jelas Kadispar NTB HL. Moh. Faozal.

“Pada (5/4) kegiatan berlanjut dengan workshop videografi di Istana Asi Mbojo, Kota Bima dan pelepasan peserta Tambora Challenge 320 K yang merupakan lari terjauh yang pernah diadakan se-Asia Tenggara yang akan mengambil start dari Kecamatan Pototano dan akan finish di Ndoro Ncanga. Barapan Ayam dan Kuliner Palopo juga akan dilaksanakan pada tanggal yang sama,” lanjut orang nomor satu dilingkup Dispar NTB ini.

BEGENTUNG RAME. Budaya Memukul Lesung Bersama-sama pada Pembukaan Festival Pesona Mantar, Minggu (2/4).

Kemudian para peserta dan wisatawan akan diajak menikmati Istana Dalam Loka, yang pada malam tersebut akan dilaksanakan seminar investasi sekaligus Malam Kesenian. Kegiatan akan berlanjut dengan Seminar Sakosa diatas kapal perang KRI Teluk Mandar milik TNI AL. Kegiatan ini sendiri akan diikuti sekitar 150 orang.

“Sementara pada pada Minggu (9/4) akan dilaksanakan Festival Kalaki, yang merupakan sebuah taman yang dibangun di Kota Bima, festival ini akan diisi dengan Bike Tour 70 K, Pameran Ekraf, Seni Budaya dan Kuliner. Demikian dengan kegaitan Festival Lawata yang akan dilaksanakan di Kota Bima berupa acara Lomba Perahu Hias, Renang dan Dayung,” tegasnya.

“Untuk puncak acara akan dilaksanakan pada (11/4) di Ndoro Ncanga, Dompu yang In Sya Allah akan dihadiri oleh Wakil Presiden RI, Yusuf Kalla. Kami sedang melakukan konsultasi dan kompromi dengan pihak sekretariat Wakil Presiden, untuk kepastian kehadiran beliau pada hari-H,” pungkasnya.

Festival Pesona Tambora sendiri merupakan even tahunan yang sudah dilaksanakan kali ketiga di, dimana pada 2015 acara ini dihadiri Presiden Joko Widodo, dengan tajuk Tambora Menyapa Dunia. Pada kunjungannya Wapres dijadualkan akan meresmikan dan pengapalan Perdana Gula Tambora. Rangakaian kegiatan akan berakhir pada Rabu (12/4) dengan Jelajah Alam Pesona Tambora bersama pihak Balai Taman Nasional Gunung Tambora. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com