Selong, LombokInsider.com – Kegiatan Alunan Budaya Desa ke IV di Kecamatan Pringgasela telah dibuka pada Senin (29/10). Kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan potensi kain tenun Pringgasela yang kualitasnya sangat baik.

Pemerintah Kabupaten Lombok Timur berjanji akan membuat showroom sebagai tempat pemasaran produk tenun di kecamatan ini. Pemkab akan memberikan anggaran Rp2 miliar untuk pembangunan dan persiapannya.

Bupati Lombok Timur H. Sukiman Azmy pada pembukaan Alunan Budaya ke IV Pringgasela berjanji untuk memberikan alokasi anggaran untuk memajukan salah satu kerajinan daerah ini. Kebijakan Bupati Lotim sebagai langkah nyata untuk mendukung keberlangsungan usaha tenun Pringgasela.

“Saya selalu mempromosikan kain tenun tradisional Pringgasela seperti baju yang saya pakai ini,” kata Sukiman sembari menunjukkan baju tenun yang dikenakannya.

Wisatawan yang datang dapat melihat langsung proses pembuatan tenun. Kemudian mengunjungi showroom untuk membeli kerajinan tenun warga Kecamatan Pringgasela ini.

“Ini akan menarik minat wisatawan, dengan mengetahui prosesnya wisatawan juga dapat lebih menghargai nilai dari hasil tenun,” ujarnya

Alunan Budaya Desa ini digelar pemuda-pemuda Pringgasela dengan harapan kain tenun ini tetap lestari di tengah perkembangan zaman. Bupati cukup mengapresiasi langkah positif yang dilakukan para pemuda di desa ini.

“Yang lainnya muncul tidak dengan konsep pariwisata, misalnya Sembalun muncul dengan tanaman bawang putihnya tetapi kemudian terkenal setelah adanya pengembangan geopark Rinjani,” ujarnya.

Sementara itu ketua panitia Alunan Budaya Desa ke 4, Azizan Zuhri menyampaikan tujuan acara alunan budaya desa ini untuk meningkatkan perekonomian masyarakat pringgasela dengan mengenalkan kerajinan masyarakat berupa tenun. “Dalam event ini diadakan fhasion show dengan menggunakan pakaian kerajinan yang ada di Pringgasela dan Alhamdulillah sudah terjual sarung tenun sekitar seratus lebih,” ungkapnya.

Kedepan berharap kegiatan ini dapat berlangsung lebih baik lagi. Kegiatan dimeriahkan dengan peragaan proses pembuatan kain tenun dan fashion show yang diperagakan oleh terune dedare Lombok Timur 2018.

Rngkaian kegiatan Alunan Budaya Desa IV Pringgasela antara lain pementasan wayang, zumba party, jalan sehat, pentas seni, pementasan gendang belek, fashion show tenun Pringgasela kategori umum, SMA sederajat dan anak-anak, yang kegiatannya sampai dengan 3 November 2018.

Acara ini diharapkan menjadi calender event yang dimasukkan oleh OPD terkait sebagai salah satu atraksi budaya di Lombok Timur. Sebab kegiatan ini tidak saja menarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara tapi juga penting sebagai upaya melestarikan budaya kita sendiri. (LI)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com