Praya, LombokInsider.com – Sejak pertama mendarat pada (29/7) lalu, hingga terakhir pada Senin (9/10), dengan 7 slot charter flight Korean Air, telah membawa sekitar 1.000 lebih wisatawan dari Korea Selatan (Korsel) ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Hal ini menjadi salah satu indikator bahwa promosi yang dilakukan pihak Pemerintah Provinsi selama ini, melalui Dinas Pariwisata (Dispar) NTB cukup berhasil.

Promosi

KETERANGAN. Kadispar NTB, GM Angkasa Pura I dan Manager Anjani Tour & Travel, saat Memberikan Keterangan Pers, di Tourism Information Center (TIC), Lombok International Airport (LIA), Senin (9/10).

“Keberhasilan ini tentunya hasil kerja seluruh pihak dan kita patut berbangga bahwa kerja keras kita membuahkan hasil. Terbukti charter flight Korean Air dalam beberapa bulan ini berhasil mendatangkan seribu lebih wisatawan dari Korsel,” jelas HL. Moh. Faozal, Kadispar NTB, di Tourism Information Center (TIC), Lombok International Airport (LIA), Senin (9/10).

Senada dengan Kadispar, di tempat yang sama, General Manager (GM) Angkasa Pura I, I Gusti Ngurah Ardita sebagai operator di LIA, menyambut positif keberhasilan charter flight Korean Air selama Juli-Oktober ini, dengan rute Korea-Lombok.

“Ini bagian promosi yang baik buat sektor pariwisata kita, terlihat animo yang cukup besar dari wisatawan Korsel untuk datang ke Lombok. Secara umum, fasilitas bandara dan destinasi kita sudah siap,” ujar Ardita.

Ardita melanjutkan, manajemen LIA akan terus menjalin komunikasi dengan Korean Air terkait rencana penerbangan secara reguler rute Korsel-Lombok.

Kesiapan Infrastruktur Bandara

Ardita juga memaparkan, kesiapan sarana dan prasarana dari pihaknya untuk melayani penerbangan langsung internasional, termasuk dari Korsel lantaran LIA sudah bisa didarati pesawat berbadan besar seperti Boeing 747-300 dan Airbus 320-200.

“Sebelumnya kita juga sudah melayani penerbangan haji dengan pesawat Boeing 747-300, artinya secara fasilitas kami sudah siap menerima pesawat berbadan lebar sekelas Boeing dan Airbus,” lanjutnya.

Daya Tarik Lombok

Keindahan alam Pulau Lombok, NTB, menjadi salah satu daya tarik yang membuat wisatawan baik nusantara maupun mancanegara mengunjungi Lombok, termasuk dari Korea Selatan.

Ini diakui Manajer Anjani Tour & Travel, Kim Hyunki. Ia mengatakan, panorama alam Lombok yang banyak mempertontonkan keindahan pantai, bukit dan gunung menjadi daya tarik utama bagi wisatawan Korea.

“Mereka (turis Korea) senang sekali dengan keindahan pantai, gunung dan air terjun di Lombok. Selain itu faktor budaya dan keramahan masyarakat Lombok juga memberikan kesan mendalam bagi mereka,” kata Kim.

Selain budaya, wisatawan Korsel juga mulai melirik Lombok sebagai destinasi bulan madu. Terkait makanan, wisatawan Korea sangat cocok dengan sajian kuliner yang ada, selama mereka di Lombok.

“Soal makanan tidak ada masalah, rata-rata mereka juga suka makanan pedas sama seperti orang Lombok,” ungkapnya, sambil tertawa. Kim juga memastikan jika tidak ada halangan, pada Februari 2018, pihaknya akan kembali mendatangkan charter flight Korean Air ke Lombok dan jika dirasa memungkinkan akan ada penerbangan reguler.

Sementara Anwar Ikraman (Alex), pramuwisata anggota HPI NTB, yang mendampingi wisatawan Korea selama berada di Lombok mengatakan secara umum mereka puas dan terkesan.

“Intinya mereka sangat puas dan terkesan, tidak ada komplain yang berarti, baik dari destinasi, pelayanan dan kenyamanan selama berlibur di Lombok,” tegas Alex, panggilan akrab yang diberikan oleh para wisatawan Korsel tersebut. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com