Lembar, LombokInsider.com – Sebanyak 2.191 orang wisatawan dengan jumlah crew kapal 855 orang dari pelabuhan Darwin Australia, tiba di Pelabuhan Lembar pada Jum’at pagi (15/3). Kapal mewah MV. Sun Princess membawa mereka khusus datang ke Pulau Lombok untuk menikmati keindahan pulau berjuluk Seribu Masjid ini.

“Ini adalah kapal pesiar keenam yang masuk ke Lombok sejak Januari 2019. Hal ini sekaligus menegaskan bahwa pariwisata Lombok mulai bangkit dan siap menyambut kedatangan wisatawan,” kata Kepala Dinas Pariwisata NTB, HL. Moh. Faozal di Lembar.

Lebih lanjut Faozal menjelaskan bahwa kedatangan wisatawan ini merupakan paket sehari, yang akan mengunjungi museum NTB, Taman Mayura, pasar seni,  Lingsar, Narmada,  Senggigi, Desa Sade serta ada juga yang memilih ke Kuta Mandalika dan Gili Trawangan.

Menurutnya, kedatangan mereka pasti membawa dampak ekonomi terhadap pelaku pariwisata di Lombok, khususnya di daerah destinasi wisata.

Sementara Director Lombok Paradise Tour & Travel, Heri Nurcahyono menjelaskan bahwa ini merupakan kapal keenam dari sebelas kapal yang akan datang melalui operatornya.

“Ya, ini yang keenam dari sebelas kapal yang kami handle, ini pastinya akan menjadi bukti bahwa wisatawan sudah berani datang, sehingga Lombok akan pulih seperti semula dan kembali ramai oleh kunjungan wisatawan,” jelasnya singkat.

Nicole Elisabeth, salah seorang penumpang dari Chili, yang baru pertama kali datang ke Lombok mengatakan sangat tertarik dan ingin segera membuktikan cerita tentang keindahan Lombok.

“Ini pertama kalinya, saya tertarik karena banyak mendengar keindahan Lombok dari teman yang sudah pernah datang. Sayang kami datang disambut hujan, tapi saya akan tetap berangkat ke Mataram,” ujarnya.

Sun Princess Cruises, kapal dengan panjang 261 meter dan di Nahkodai oleh Capt.Jon Paul Briyant, berangkat langsung dari Pelabuhan Darwin,Australia. Kapal ini rencananya akan melanjutkan perjalanannya ke Pelabuhan Phu My, Vietnam. Ribuan wisatawan ini disambut tarian adat Lombok “Gendang Beleq” saat turun dari sekoci kapal milik MV. Sun Princess.

General Manager Pelindo III Lembar Erry Ardiyanto, menyampaikan kunjungan wisatawan dengan menggunakan kapal pesiar ini, merupakan upaya promosi dan kerja keras Pemerintah NTB, khususnya Dinas Pariwisata Provinsi NTB dan Dinas Pariwisata Kab Lombok Barat.Yang terus bersama-sama berupaya membangun dan melakukan penataan objek wisata recovery pasca gempa.

“Kedatangan ribuan wisatawan ini, tentu membawa dampak positif bagi kebangkitan pariwisata di pulau lombok. Dengan membawa penumpang ribuan orang ke pulau lombok tentu akan terjadi transaksi berupa jasa transportasi kemudian berbalanja makanan dan souvenir,” tegas Erry.

Untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan saat kegiatan kunjungan kapal pesiar melalui Pelabuhan Lembar, Pelindo III Lembar berkoordinasi dengan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Lembar, Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan Lembar, Polairud,Basarnas, Dispar NTB Kabupaten Lombok Barat. (LI/AA)

Tags:
About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com