Selong, LombokInsider.com – Keindahan pantai-pantai di pesisir timur Pulau Lombok tidak dipungkiri lagi. Tercatat ada beberapa pantai yang menyimpan sejuta pesona pariwisata, masyur dan eksotis seperti Pantai Surga, Sungkun, Kaliantan, Cemara, Pink, Tanjung Beloam dan Ringgit. Berada di Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur (Lotim), atau dikenal juga dengan sebutan Sekaroh.

“Keindahan destinasi wisata di Lotim masih harus terus diungkit, untuk mempromosikan potensi yang ada, agar dapat segera bangkit,” tegas Camat Jerowaru, L. Ahmad Zulkifli, BA, kepada LombokInsider.com.

“Lihat sendiri, keindahan pantai-pantai di wilayah Lotim tidak perlu diragukan lagi, jika dikelola dengan professional kami yakin dapat menjadi dapur bagi Lotim bahkan NTB,” lanjutnya.

Namun demikian, menurut Camat Jerowaru ini, bahwa wilayahnya yang terdiri dari 15 desa dan memiliki potensi yang luar biasa ini masih terkendala masalah infrastruktur dasar, seperti jalan, listrik dan air bersih.

Tanjung Ringgit salah satunya, dengan jarak yang cukup jauh, sekitar 85 kilometer dari Kota Mataram. Untuk mencapainya, kita harus menggunakan kendaraan pribadi atau mobil sewa, karena akses kendaraan umum hampir tidak ada yang menuju ke Tanjung Ringgit, dengan kondisi jalan yang kurang memadai.

Bagi yang berjiwa petualang serta menyukai hobi fotografi, tempat yang satu ini justru akan memuaskan jiwa petualangan Anda selama ada di Lombok. Kita akan disuguhkan pemandangan alam yang sempurna.

Tebing Kars

Kondisi geografis wilayah Lombok Timur yang umumnya berbukit dan bertebing Kars, justru menjadi salah satu daya tarik dari Tanjung Ringgit yang tidak dimiliki oleh destinasi wisata lain di Lombok. Anda akan menemui deretan Tebing Kars yang terbentang panjang dan berkelok-kelok.

Bagi yang pernah mengunjungi Pantai Ngobaran dan Ngrenehan Gunung Kidul, Jawa Tengah dan Uluwatu Bali, mungkin pemandangan seperti ini tidak asing lagi. Tebing yang terpotong seperti jurang, berbatasan langsung dengan perairan samudera.

Jernihnya perairan Tanjung Ringgit, memantulkan warna-warni yang memikat. Airnya yang hijau kebiruan dan jernih, memudahkan kita melihat deretan terumbu karang dari puncak tebing. Di sisi Barat Anda bisa menemui sejengkal pantai yang masih bersih alami.

Untuk mencapai pantai harus sangat berhati-hati, karena jalan setapak yang cukup terjal dan berbahaya. Namun bagi yang berjiwa petualang, dapat mencapai pantai akan memberikan getaran yang memacu adrenalin lebih cepat dan ini tentunya tantangan yang sangat mengasyikan.

Jika beruntung, di pantai yang bersih berpasir putih ini. Anda bisa menyewa perahu nelayan yang sedang lewat, untuk mengantarkan ke tengah perairan dan bisa langsung menikmati kemegahan deretan tebing yang berderet hampir sepanjang garis pantai.

Bagi penggemar fotografi, sangat disarankan bermalam untuk berburu sunrise keesokan harinya. Karena dapat dipastikan kita akan melihat pemandangan matahari terbit yang menakjubkan dengan suasana yang segar dan sejuk, jika cuaca cerah tentunya. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com