Taliwang, LombokInsider.com – Bersyukurlah kita bangsa Indonesia, bahwa kita diberikan anugerah keindahan alam yang demikian mempesona oleh Sang Maha Pencipta. Hampir diseluruh pelosok negeri ini memiliki potensi destinasi wisata yang mempesona, tak terkecuali dengan daerah Nusa Tenggara Barat (NTB) yang terdiri dari dua buah pulau indah, Lombok dan Sumbawa.

Saat ini kita akan mengulas pesona sebuah bukit yang menjadi destinasi wisata baru di Kota Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Bukit yang diberi nama Not Beka-Beka (Tidak Kenapa-Kenapa) dalam bahasa daerah setempat. Jaraknya juga cukup dekat dengan Ibukota KSB Taliwang, dibutuhkan waktu tak kurang dari lima belas menit saja untuk mencapai kaki bukit ini dari Kota Taliwang.

“Dari puncaknya dapat kita saksikan keindahan matahari terbit (sunrise) di kejauhan. Selain keindahan sunrise, bentang alam danau Lebo Taliwang juga sangat indah dari puncaknya, saat ini tempat ini telah menjadi salah satu spot fotografi dari para penggemar foto,” ungkap Lukman Hakim, penggagas destinasi baru ini.

“Setiap libur, Sabtu dan Minggu saya membuka camping ground, sekarang juga seudah ada taman baca dan ayunan juga,” jelas penghobi traveling ini. Saat ini fasilitas yang ada hanya rumah singgah atau biasa di sebut bale kebun oleh orang Taliwang.

“Ini merupakan komitmen saya untuk mempromosikan daerah sendiri (Taliwang), sebelumnya kami berhasil mempromosikan Mantar sebagai destinasi yang akhirnya dikenal luas,” lanjuntya.

Lukman berharap upayanya untuk mempromosikan Bukit Not Beka-Beka ini suatu saat membuahkan hasil yang maksimal, sehingga dapat menjadi destinasi prioritas saat wisatawan mengunjungi Taliwang.

Lokasinya sangat strategis di pinggir Kota Taliwang, dengan patokan tower sebuah provider telekomunikasi, kemudian masuk melewati gang Bus Buraq. Hanya membutuhkan waktu sekitar sepuluh menit untuk treking ke puncak Bukit Not Beka-Beka. Terhitung sudah sekitar dua bulan masyarakat sekitar mulai mengenal bukit ini.

Untuk mencapai destinasi Bukit Not Beka-Beka di Taliwang, KSB, dapat ditempuh dengan perjalanan darat dan laut sejauh 133 km, atau selama 5-6 jam dari Mataram. Perjalanan selama 2 jam dari Mataram menuju pelabuhan Kayangan, Lombok Timur, bisa menggunakan bis umum, travel maupun kendaraan pribadi, berjarak sekitar 81 km.

Kemudian dilanjutkan dengan naik kapal ferry menyeberangi selat Alas (20,5 km) menuju pelabuhan Poto Tano, selama 2-3 jam tergantung cuaca. Sekitar kurang lebih 45-60 menit (31 km) anda akan tiba di Taliwang, Ibukota KSB. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com