Pemenang, LombokInsider.com – Sebagai upaya pemulihan pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) pasca gempa yang mengguncang Lombok dan Sumbawa, Pemerintah Pusat dan Provinsi menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Percepatan Normalisa Pariwisata NTB di Gili Trawangan, Ahad (16/9).

Gubernur NTB, TGB M Zainul Majdi mengatakan, perlunya banyak melakukan promosi ke luar daerah. “Kami berharap dukungan pusat untuk melakukan promosi keluar, adanya kegiatan MICE yang dilaksanakan di NTB, juga perbaikan fasilitas yang terdampak serta serta pemulihan yang tidak terdampak,” katanya saat melakukan sambutan.

TGB juga menjelaskan bahwa upaya untuk normalisasi perbaiki secara cepat pelabuhan jalan dan jembatan. Bandara juga hotel-hotel sudah dilakukan. Ia juga meminta pihak-pihak terkait bersama airlines dapat melakukan promo-promo harga, agar wisatawan tertarik datang ke Lombok.

Sementara Menteri Pariwisata, Arief Yahya pada kesempatan tersebut menyatakan, ada potensi pariwisata nasional kehilangan wisatawan. “Mungkin apa yang dirasakan di Lombok tidak seperti yang terjadi di Bali saat Gunung Agung meletus. Tetapi dampaknya cukup terasa manakala pasca gempa (5/8) lalu banyak kunjungan yang di batalkan,” jelas Menpar.

Arief Yahya bersyukur kerugian Gili dan jalur pendakian Rinjani sudah tertutupi dengan branding Sail Samota.

“Sail Samota, sangat bagus untuk recovery NTB. Saya juga akan bersurat ke Menhub agar dilakukan penyediaan fasilitas pelabuhan Teluk Nara dan dermaga lain. Juga agar kegiatan MICE banyak diselenggarakan di sini,” ujar Arief Yahya.

Menko Maritim, Luhut B Pandjaitan, sangat kagum dengan Gili Trawangan ini. “Saya tidak pernah bayangkan ternyata Gili ini sangat indah. Hanya saja sistem sampah yang jelek perlu diperhatikan,” ucapnya, setelah sempat berkeliling di Gili Trawangan.

Luhut berharap masalah yang ada di Gili segera dapat teratasi, agar wisatawan dapat segera datang kembali.

“Tapi saya lihat wisatawan sudah mulai berdatangan, semoga semua segera pulih,” tegas Luhut.

Selain para pejabat diatas, Rakor ini juga dihadiri Bupati KLU, Kades Gili Indah dan seluruh stakeholder pariwisata NTB. (LI)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com