Mataram, LombokInsider.com – Masalah polusi sampah plastik ke laut merupakan isu global yang tengah hangat diperbincangkan. Pasalnya, hampir 80% sampah yang berada di laut berasal dari daratan.

Berdasarakan penelitian Dr. Jenna Jambeck (2015) terdapat 6 negara anggota ASEAN yang masuk ke dalam daftar 20 besar negara penyumbang sampah plastik ke lautan.

Seperti yang si kutip di dietkantongplastik.info, negara-negara tersebut adalah Indonesia, Filipina, Vietnam, Thailand, Malaysia dan Myanmar.

Sementara Indonesia sendiri menyandang predikat sebagai negara kedua terbesar penyumbang sampah plastik ke laut setelah China.

Oleh karenanya, sekitar 62 orang wisatawan mancanegara menggelar kegiatan bersih pantai Gili Trawangan, Jum’at (25/5). Kegiatan ini menjadi perhatian wisatawan lokal yang ada dilokasi.

Sian Williams, koordinator kegiatan bersih pantai mengungkapkan bahwa tujuan kegiatan ini untuk mencipatakan kawasan Gili Trawangan yang bersih dan bebas dari polusi sampah.

“Kegiatan bersih-bersih pantai ini kami lakukan setiap Jum’at untuk bersihkan sampah plastik, puntung rokok dan botol,” jelas Sian. Menurutnya, kegiatan bersih pantai kali ini berhasil mengumpulkan 224 kg sampah dan 10.500 puntung rokok.

Bersih pantai di Gili Trawangan memang sudah rutin dilakukan para diver yang ada disana. Sian berharap kegiatan ini bisa menyadarkan wisatawan asing maupun lokal yang berkunjung ke Gili Trawangan, tentang pentingnya menjaga kebersihan.

“Kebersihan pantai adalah tanggung jawab kita bersama, karena kalau pantai bersih pasti kita akan merasa nyaman berlibur di sini (Gili Trawangan, red),” tegas wanita yang sangat perduli dengan kebersihan pantai ini. (LI)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com