LombokInsider.com – Sepuluh destinasi Indonesia menarik minat para investor Saudi Arabia setelah mereka mendapatkan pemaparan dan penjelasan dari Kementerian Pariwisata Indonesia, Senin, 2 Mei 2016 di Jakarta. Demikian disampaikan oleh Taufan Rahmadi, Anggota Tim 10 Percepatan 10 Destinasi Prioritas pada Kementerian Pariwisata.

Taufan menambahkan bahwa Maher Saleh Jamal, Ketua Kadin Mekkah Saudi Arabia, sangat terpesona dengan kekuatan pariwisata Indonesia. Maher Saleh Jamal bersama rombongan 36 pengusaha kerajaan Saudi Arabia lainnya datang ke Indonesia  dalam rangka ingin menggali potensi investasi di 5 sektor utama yaitu agribisnis, pariwisata, infrastruktur, konstruksi dan farmasi. Maher Jamal merupakan pemilik banyak perusahaan yang bergerak dibidang property, IT intelligent system dan investasi pariwisata.

Maher Jamal sangat kagum dengan pariwisata Indonesia dan ingin segera mengunjungi tempat-tempat wisata Indonesia dan dia menyebut Indonesia sebagai Oasis of the Heart, papar Taufan.

Kedatangan para pengusaha tersebut merupakan bentuk perhatian serius Yang Mulia Raja Salman, yang melihat Indonesia tidak saja sebagai negara sahabat dengan populasi umat Islam terbesar di dunia tetapi juga sebagai target negara yang perlu ditingkatkan kerjasama bilateralnya dengan Pemerintah Kerajaan Saudi Arabia dengan prinsip yang  saling menguntungkan, jelas Taufan.

Acara yang dibuka oleh Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal BKPM Himawan Hariyoga ini juga dihadiri oleh Alwi Shihab, Utusan Khusus Presiden untuk Timur Tengah. Dalam pertemuan ini, Ketua Pokja Percepatan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas, Hiramsyah Sambudhy Thaib menyampaikan paparan potensi pariwisata Indonesia dan peluang-peluang investasi yang ada di bidang kepariwisataan, kata Taufan.

Menurut Hiramsyah, pariwisata merupakan satu sektor unggulan utama Indonesia. Apalagi saat ini tengah mengembangkan 10 destinasi prioritas yang memiliki keunggulan masing-masing. Indonesia juga menarik bagi wisatawan karena menerapkan kebijakan bebas visa yang memudahkan para wisatawan mancanegara datang ke Indonesia, tambah Taufan.

Selain itu, penerbangan langsung oleh Fly Emirates akan dilakukan dalam waktu dekat langsung ke Pulau Lombok yang merupakan destinasi halal terbaik dan destinasi bulan madu halal terbaik 2015. Indonesia juga memeliki komitmen yang kuat untuk memastikan percepatan pembangunan di 10 destinasi dan akan membantu para investor, katanya.

Dalam pertemuan ini para pejabat BKPM juga memberikan penjelasan lengkap tentang kemudahan berinvestasi di Indonesia dengan telah dibentuknya tim khusus yang akan mengawal proses investasi dari awal hingga akhir bagi para investor Arab Saudi, pungkas Taufan. (LI/KM)

Pertukaran cendera mata antara rombongan KADIN Arab Saudi dan Pemerintah Indonesia

Pertukaran cendera mata antara rombongan KADIN Arab Saudi dan Pemerintah Indonesia

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono