Taliwang, LombokInsider.com – Pulau Kenawa telah cukup lama dikenal sebagai salah satu destinasi wisata andalan yang terletak di Pelabuhan Pototano, Kecamatan Tano, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Keindahan Kenawa yang merupakan salah satu dari delapan gili yang berada di ujung barat Pulau Sumbawa ini memang sudah lama menjadi buah bibir di kalangan traveler melalui foto-foto yang beredar di sosial media.

Sejauh ini belum ada biro perjalanan yang khusus menjual paket wisata ke pulau ini. Baru pada Sabtu kemarin (23/6), Astindo bekerjasama dengan Pemprov NTB, Pemkab Sumbawa Barat dan ASDP berinisiatif membuka jalur khusus paket wisata ke P. Kenawa yang bertajuk Wild West Sumbawa Cruise.

”Ini melengkapi yang sudah ada sekarang seperti Mandalika, tiga gili dan sekarang ada Kenawa. Pastinya hal ini akan menjadi pengalaman baru berwisata ke P Kenawa ini,” kata Sekda NTB, H. Rosiady Sayuti.

Sekda NTB menyambut baik dibukannya rute Wild West Sumbawa Cruise. “Program ini merupakan terobosan yang sangat bagus untuk membuka akses wisata ke daerah yang sulit dijangkau para pelancong. Sekaligus menjadi alternatif destinasi wisata Lombok-Sumbawa yang baru,” jelasnya.

Paket wisata seperti yang ditawarkan Wild West Sumbawa Cruise memberikan pengalaman berbeda bagi para pelancong, khususnya wisatawan mancanegara. Sebab keindahan pulau-pulau kecil seperti di NTB sulit didapatkan di negara mereka.

Untuk mendukung program Wild West Sumbawa Cruise, Pemprov dan KSB harus membuat program nyata. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan menggratiskan turis datang ke lokasi tersebut. Itu merupakan promosi yang efektif dibandingkan promosi dengan biaya besar. ”Minimal memperkenalkan, agar lebih banyak orang yang datang ke sini,” ujar Sekda.

Sementara Bupati KSB HMW. Musyafirin menjelaskan, setelah paket wisata baru ini dibuka, ke depan pemerintah daerah perlu melakukan pembenahan sarana pra sarana khususnya di Pulau Kenawa. Hal yang akan diperbaiki ke depan adalah desain tapak yang saat ini membutuhkan izin untuk penataan lingkungannya.

”Kita harapkan penataanya berjalan lancar,” katanya. Desain tapak Pulau Kenawa akan menjadi satu kesatuan dengan Pulau Paserang, Pulau Tamo, Gili Belang dan pulau lain yang tergabung dalam kawasan Gili Balu. Penataan kawasan tersebut masih membutuhkan surat rekomendasi dari Kementerian Kehutanan.

Musyafirin menilai, Wild West Sumbawa Cruise berhasil diluncurkan berkat dukungan penuh dari Astindo NTB, ASDP dan Pemprov NTB. Hal itu memberikan keyakinan kepada Pemda KSB untuk membangkitkan potensi wisata yang ada. Baginya Wild West Sumbawa Cruise akan menjadi awal kebangkitan wisata Sumbawa.

“Seru sekali, karena ini baru pertama kali ini ke P Kenawa, apalagi sepanjang perjalanan viewnya bagus. Pasir pantainya putih airnya juga bening, cocok untuk snorkeling dan malamnya kita bisa nikmati malam dengan atap langit berhiaskan bintang, pengalaman yang luar biasa,” ujar Amir Muslim, salah seorang peserta trip Wild West Sumbawa Cruise.

Paket wisata Wild West Sumbawa Cruise ini dimulai dari Kota Mataram dengan bus ke Pelabuhan Kayangan, Lombok Timur. Kemudian menyebrang menuju P. Kenawa menggunakan Lombok Cruise atau kapal Ferry yang sudah disulap menjadi kapal wisata, sehingga wisatawan bisa lebih nyaman. Pada pelayaran perdana ini, tercatat 200 orang wisatawan ikut berlayar bersama menuju P Kenawa.

Dengan kapal tersebut, wisatawan kemudian diajak keliling menikmati delapan gili yang ada di kawasan tersebut, diantaranya Gili Balu, Pulau Paserang, Pulau Kenawa, Pulau Namo, Pulau Kalong, Pulau Batu Besar, Pulau Batu Kecil, Pulau Kambing, Pulau Pasir, dan Pulau Ular. Tapi saat ini Pulau Kenawa, Pulau Paserang dan Pulau Namo yang paling banyak dikunjungi wisatawan. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com