Taliwang, LombokInsider.com – Sebagai salah satu kabupaten termuda, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) di Nusa Tenggara Barat (NTB), memiliki komoditi andalan di NTB, yakni bahan tambang. Bahkan selalu menyumbang angka positif bagi perekoniman daerah. Siapa sangka bahwa potensi destinasi wisata di KSB juga menyimpan keindahan yang masih alami dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan khususnya wilayah pesisir, berikut lanjutan dari tulisan tentang 10 destinasi wisata tereksotis di KSB.

 Pantai Maluk

Tak jauh dari Pantai Benete, sekitar sepuluh menit (3,2 km) terdapat pusat kuliner yang dirangkai dengan keindahan sebuah pantai nan eksotis. Pantai Maluk, di sini kita dapat menikmati keragaman kuliner sambil memanjakan diri di beningnya air laut dan pasir putih.

Singang, sepat, dendeng rarit hingga ikan bakar, nasi goreng, gado-gado dan soto menjadi pilihan pengunjung. Kelapa muda dengan perasan jeruk nipis yang segar menjadi minuman favorit di pantai ini.

Di sebelah Utaranya, Bukit Mantun telah dikembangkan olah raga adventure, paralayang atau paragliding. Di ketinggian mencapai 50 meter, paraglider mengepakkan parasutnya kemudian melompat bebas dari bibir tebing, bagai elang melayang menyusuri tepian pantai dan mengitari rumah-rumah penduduk.

Fasilitas di sekitar Pantai Maluk juga cukup lengkap, banana boat, kano, voli pantai, playing ground, area parkir, air bersih dan toilet. Hotel, restoran, warung, ATM dan mini market juga tersedia.

Pantai Balas

Kemudian sekitar 10 menit (4,3 km) dari Pantai Maluk, terdapat spot surfing yang eksotis dengan ombaknya yang dahsyat dan bergulung-gulung seakan menghisap papan selancar para surfer. Super Suck di Pantai Balas, telah dikategorikan ke dalam 10 besar ombak yang paling menantang di dunia untuk berselancar.

Pantai Balas sempat juga terpilih menjadi tempat ajang kompetisi para surfer profesional kelas dunia mengadu ketangkasan menaklukkan ombah yang termasyur itu. Super Suck Hotel merupakan cikal bakal hotel yang berdiri di sini, sekarang beberapa private villa mulai dibangun di Bukit Balas.

Pantai Lawar

Pantai Lawar, lebih terkenal dengan surga bawah lautnya yang eksotis. Hanya 27 menit (10,1 km) dari Pantai Balas. Di dalam laut terdapat dinding curam sedalam 10 meter dan banyak ditumbuhi jenis karang primitive yang alami.

Karang yang tumbuh dengan subur sekaligus akan menjadi istana bagi ikan-ikan karang, maka tak heran jika kerap dijumpai kapal pemburu ikan dan nelayan di atasnya. Menghabiskan waktu santai bersama keluarga, menikamati jernihnya air laut sembari memancing ikan, menjadi pilihan yang tepat di Pantai Lawar.

Berada pada cekungan teluk dengan dinding tebing menjulang tinggi mengapit kedua sisi Pantai Lawar secara alami. Bagi para diver, laut ini diakui mirip dengan setting film The Beach. Sebuah hotel dan kebun buah binaan PTAMNT sebagai pilihan lain untuk santai dan berwisata agrobisnis. (Bersambung)

 

Penulis dan Foto: Komang Ardana

Penyunting: Agus Apriyanto

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com