Mataram, LombokInsider.com – Balap sepeda Tour de Lombok Mandalika (TdLM) etape I sukses digelar, mengambil start di Pantai Kuta Mandalika yang merupakan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Mandalika merupakan salah satu destinasi prioritas atau 10 Bali baru yang ada di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Metkel Eyob pembalap asal Eritrea, dari Trengganu Cycling Club berhasil menjuarai etape I ini, menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 jam 52 menit 14 detik. “Ini race yang sangat bagus, hanya saja udara hari ini cukup panas, justru disini letak tantangannya bagi kami,” jelas Metkel, usai menerima hadiah diatas podium kehormatan.

Menurutnya, selain sangat menantang, pemandangan yang dilalui sepanjang etape I ini sangat indah. “Sepanjang race kami disuguhkan pemandangan yang indah, jalannya juga bagus, ini race yang sangat baik,” ujarnya. Sebagai yang tercepat, Metkel juga berhak atas jersey paling bergensi, yakni Yellow Jersey.

Sementara peringkat kedua diraih Yusuf Mohammad Ahmed Mirza Al Hamadi, pembalap professional dari tim nasional United Arab Emirat (UAE), dengan catatan waktu 1 jam 52 menit 15 detik. Mirza juga berhak menerima Teal Jersey, karena keluar sebagai yang tercepat pada kategori sprinter. Sebelum mengikuti TdL ini, Mirza Al Hamadi adalah juara Asia 2018.

Sedangkan peringkat ketiga diraih Choon Huat Goh pembalap dari Singapura, juga dari Trengganu Cycling Club, dengan catatan waktu 1 jam 52 menit 20 detik. Dari hasil tersebut, Trengganu Cycling Club untuk sementara memimpin perolehan poin secara tim, karena berhasil menempatkan dua pembalapnya diatas podium kehormatan.

Sementara pembalap Indonesia tercepat direbut oleh Robin Manullang, dari PGN Road Cycling Team, yang menempati urutan kelima umum dan urutan teratas pembalap Indonesia dengan catatan waktu 1 jam 52 menit 24 detik. Sebagai pembalap Indonesia tercepat pada etape I ini, Robin juga berhak atas jersey merah putih.

Untuk juara pada kategori tanjakan, Logan Griffin keluar sebagai juara dan berhak atas Red Polkadot Jersey. Red Polkadot Jersey termasuk jersey yang bergengsi dalam ajang TdLM 2018 ini.

TdLM etape I ini menempuh jarak 84,4 Km, pada etape ini para peserta melintasi sejumlah destinasi wisata, seperti gugusan pantai di KEK Mandalika, kawasan perkampungan tradisional Sasak di Sade dan Ende Lombok Tengah, Lombok Internasional Airport (LIA), persawahan dengan udara segar di sepanjang lintasan by pass LIA, serta destinasi wisata Kota Mataram. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com