Mataram, LombokInsider.com – Seperti diketahui bersama, bahwa destinasi wisata Pantai Kuta Mandalika di Lombok Tengah, NTB, telah menjadi salah satu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) bersama dengan sepuluh destinasi lainnya di Indonesia. Kedatangan Menteri Pariwisata, Arief Yahya ke Lombok, Jum’at (17/11) menegaskan kabar menggembirakan bagi percepatan pembangunan di KEK Mandalika.

“Berita bagusnya setelah Rapat Terbatas (Ratas) di Bogor beberapa waktu lalu, Mandalika terpilih dari sepuluh destinasi prioritas yang mendapat persetujuan Presiden untuk dipercepat lagi pembangunannya,” jelas Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, di kantor Dispar NTB.

“Ada empat, yang diminta di percepat oleh Presiden, diantaranya Mandalika, Toba, Borobudur dan Labuan Bajo. Hal ini juga sudah ditegaskan pada pertemuan sebelumnya bersama World Bank,” lanjut Menpar.

Pemerintah melalui Kemenpar memang telah menetapkan 10 destinasi wisata prioritas sejak 2016 lalu, diantaranya, Danau Toba di Sumatera Utara, Tanjung Kelayang di Bangka Belitung, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Wakatobi di Sulawesi Tenggara, Pulau Morotai di Maluku Utara, Kepulauan Seribu di Jakarta, Tanjung Lesung di Banten, Borobudur di Jawa Tengah, Bromo Tengger Semeru di Jawa Timur dan Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur.

Lebih lanjut Menpar mengatakan bahwa ada beberapa hal yang menjadi fokus pemerintah pusat, yakni membangun ekonomi kemasyarakatan.

“Untuk saat ini kita rencananya akan membangun homestay di kawasan destinasi unggulan ini. Pemda sudah menyediakan tanah seluas 15 ha,” katanya. Dari hasil survei, harga satuan homestay yang layak dan dapat dijangkau oleh masyarakat sekitar Rp200 juta.

Selain homestay, pemerintah juga akan membangun UMKM Center, untuk memfasilitasi pedagang asongan yang ada di KEK Mandalika, tentunya hal ini akan membuat tampilannya akan lebih rapi dan bagus, serta pengelolaanya akan diserahkan kepada masyarakat sekitar.

Saat ini menurut Menpar, NTB merupakan salah satu destinasi yang paling diminati, dari akupansi hotel yang rata-rata mencapai 80 persen dan begitu banyaknya even yang dilaksanakan, beliau optimis pariwisata di daerah ini akan semakin maju.

Sebelumnya, Menpar sempat menjadi narasumber dalam rangka FGD Manajemen Komunikasi Pemerintah di era Digital. Kemudian Menpar juga menyempatkan diri mengunjungi Desa Wisata Setanggor dan KEK Mandalika di Lombok Tengah. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com