Mataram, LombokInsider.com – Sekitar 300 atlet atau peserta Pesona Mandalika Lombok Rally Wisata 2017 yang mengendarai 150 mobil, dilepas oleh Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat NTB, H. Muh. Amin, di pintu Start, Sabtu (26/8) di eks. Bandara Selaparang Rembiga. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Dinas Pariwisata (Dispar) dan Ikatan Motor Indonesia (IMI) NTB, sekaligus merupakan rangkaian dari kegiatan Bulan Pesona Lombok Sumbawa (BPLS) 2017.

Promosi Pariwisata

START. Wagub Melepas Peserta Pesona Mandalika Lombok, Rally Wisata 2017, di eks. Bandara Selaparang, Rembiga.

“Atas nama Pemprov kami menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan acara ini, hal ini merupakan momentum strategis yang sangat tepat bagi kita untuk terus mengembangkan dan mempromosikan pariwisata NTB. Kegiatan ini tentunya dapat memberikan kesan positif bagi NTB, di mata para peserta yang berasal dari luar daerah,” ujar Wagub sesaat sebelum melepas para peserta.

“Rute yang dilalui juga menampilkan keindahan destinasi Lombok dan cukup menantang bagi para peserta,” lanjut Amin. Terkait hal ini, Wagub mengatakan bahwa dalam lima tahun terakhir, pariwisata NTB tumbuh hingga 21.49 persen, dengan memperbanyak promosi dan atraksi serta banyaknya kegiatan, khususnya sport tourism, Amin optimis angka ini akan terus meningkat.

Selain itu menurut Wagub, kegiatan bertaraf nasional ini akan banyak memberikan edukasi bagi peserta sekaligus masyarakat tentang pentingnya keamanan dan kenyaman berkendara di jalan raya. Sesaat sebelum melepas peserta, Wagub juga berkesempatan memberikan buku panduan Safety Riding pada peserta Safety Riding kendaraan bermotor roda dua.

Hal yang sama ditegaskan oleh Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) NTB, HL. Moh. Faozal, bahwa kegiatan yang akan berlangsung dua hari (26-27/8) Sabtu-Minggu ini akan melewati rute-rute destinasi wisata dan kuliner yang ada di Lombok.

“Pesona Mandalika Lombok Rally Wisata 2017, ini merupakan kegiatan ke tujuh dalam rangkaian BPLS 2017. Besok peserta akan finish di Mandalika, yang merupakan salah satu dari 3 besar destinasi wisata prioritas unggulan Kemenpar,” terang Faozal.

Faozal juga mengatakan bahwa para peserta ini akan mengelilingi lingkar geopark Rinjani. “Insya Allah, bulan depan akan diumumkan apakah Rinjani akan berhasil menjadi Global Geopark Dunia,” tegas Kadispar NTB ini.

KUNO. Deretan Mobil Kuno Peserta Fun Rally pada Pesona Mandalika Lombok, Rally Wisata 2017.

Peningkatan Prestasi, Edukasi dan CSR

Sementara itu Nur Haedin, yang merupakan Ketua IMI NTB pada laporannya menjelaskan, bahwa kegiatan ini dibagi menjadi dua bagian, peserta time dan fun rally.

“Ini merupakan tahun ketiga penyelenggaraan Kejurnas, sekitar 300 atlet ikut serta dalam kejurnas ini. Selain itu ada juga fun rally dengan misi promosi pariwisata. Besok juga para peserta dari pelaku pariwisata termasuk perhotelan akan ikut demo dan kontes mobil, serta slalom test,” ungkap Edo panggilan akrab Ketua IMI NTB ini.

“Kegiatan Lombok Rally Wisata 2017 ini mencakup 4 hal mendasar, yakni peningkatan prestasi olahraga roda empat, kampanye keselamatan di jalan, promosi pariwisata dan juga kegiatan sosial,” kata Edo yang juga merupakan Ketua INCCA NTB.

Peserta kejurnas time rally juga akan mengikuti fun rally, yang akan menjadi ajang silaturrahim serta bertukar informasi dan meningkatkan pemahaman terhadap keselamatan di jalan, termasuk tertib berlalulintas. Sehingga dapat memberikan edukasi dan manfaat kepada peserta agar mampu berkendara aman dan nyaman, serta memberikan andil dalam menekan angka kecelakaan lalulintas di jalan sambil meraih prestasi.

Fun rally diikuti berbagai elemen termasuk dari pelaku pariwisata, akademisi, swasta, BUMN, TNI/Polri serta pelajar dan mahasiswa. Rally ini juga menggelar Kejurnas Time Rally, Seeded B Time Rally, Pemula Time Rally dan Team Club IMI Provinsi, serta kejuaraan tambahan Pemula Lokal NTB dan Fun Rally. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com