Rute Jelajah Mataram Tapal Batas

Mataram, LombokInsider.com – Masih dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun 71 Kemerdekaan Republik Indonesia dan dirangkaikan dengan Hari Ulang Tahun 23 Kota Mataram, akan digelar acara bersepeda yang diberi nama Jelajah MTB Mataram Tapal Batas pada 27 Agustus 2016 pagi.

“Acara ini digagas dan dilaksanakan oleh Komite Olah Raga Nasional Indonesia Kota Mataram dan Badan Promosi Pariwisata Kota Mataram sebagai upaya untuk memasyarakatkan olah raga bersepeda dan sebagai wahana promosi pariwisata,” kata Mansyur, SH., MH., Sekretaris KONI Kota Mataram kepada LombokInsider.com, Kamis (18/8).

Dikatakannya, awal dan akhir rute bersepeda ini adalah di destinasi wisata Loang Balok. Dari sana, peserta akan melintasi jalur pinggir pantai menuju tapal batas terakhir sisi barat dan sisi utara Kota Mataram yakni Pantai Meninting.

Destinasi wisata pantai Loang Baloq

Destinasi wisata pantai Loang Baloq

“Kemudian dilanjutkan ke arah timur menuju sebelah utara Bandara Ampenan dan keluar melalui Jalan Udayana. Perjalanan dilanjutkan menuju bundaran lingkar selatan menuju Mapak lalu pantai Gading sebelum finish di Loang Balok. Total jarak yang dilalui sekitar 23 kilometer,” jelas Mansyur.

Selain acara bersepeda, even ini juga akan dimeriahkan dnegan kegiatan senam massal dan berfoto selfi di jalur sepeda. “Sebagai kepedulian akan kebersihan dan lingkungan hidup, para peserta juga akan diminta memungut sampah yang dijumpai di sepanjang jalan,” jelas Mansyur.

Kegiatan yang bertema Kenali Kotamu, Wujudkan Karyamu #ayokemataram ini terbuka untuk umum. Pendaftaran bisa dilakukan di Sekretariat KONI Kota Mataram yakni di Kantor Bappeda Kota Mataram yang terletak di Kompleks Kantor Walikota Mataram Jl. Pejanggik No. 16 Mataram dan di Kantor Radio Swara KotaJl. Bung Karno No.22 Mataram.

Para peserta akan mendapatkan tshirt dan kupon undian. “Banyak hadiah undian termasuk sepeda, aksesori sepeda, peralatan rumah tangga dan banyak hadiah lainnya,” jelas Mansyur.

Sekilas Kota Mataram

Mataram sebagai salah satu Kota di Propinsi Nusa Tenggara Barat, letaknya diapit antara kabupaten Lombok Barat dan Selat Lombok. Letaknya antara   08o 33’  dan    08o 38’ Lintang Selatan dan antara   116o 04’ – 116o 10’ Bujur Timur.

Kota Mataram terdiri dari 6 kecamatan dengan 50 kelurahan dan 298 lingkungan. Wilayah Kota Mataram adalah 61,30 Km2, yang terbagi dalam 6 kecamatan. Kecamatan terluas adalah Selaparang yaitu sebesar 10,7653 Km2, disusul Kecamatan Mataram dengan luas wilayah 10,7647 Km2. Sedangkan wilayah terkecil adalah Kecamatan Ampenan dengan luas 9,4600 Km2.

Loang Baloq merupakan destinasi wisata yang unik yakni merupakan perpaduan antara destinasi makam nenek moyang dan destinasi pantai dalam satu lokasi. Selain itu, destinasi ini dekat dan mengasyikkan, serta murah meriah. Karena itulah banyak orang mengunjungi obyek wisata ini.

Destinasi wisata Pantai dan Makam Loang Baloq terletak di Tanjung Karang, di jalur lingkar selatan, bagian barat Kota Mataram. Loang Baloq dalam Bahasa Sasak berarti lubang makam buyut. Dinamai demikian karena ini sejatinya adalah lokasi makam.

Keistimewaan makam Loang Baloq ini dikarenakan adanya makam ulama Maulana Syekh Gaus Aburrazak, seorang ulama dan pendakwah agama Islam yang berasal dari Baghdad Irak yang menyebarkan agama Islam dari Palembang lalu kemudian singgah di Lombok. (LI/KM)

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono