Toko oleh-oleh Sasaku, Mataram.

Mataram, Lombokinsider.com – Wisatawan ke Lombok kini memiliki semakin banyak pilihan dalam membeli oleh-oleh dengan hadirnya Sasaku, outlet oleh-oleh generasi baru yang mulai beroperasi beberapa tahun terakhir. Sasaku kini telah memiliki dua outlet yakni di Mataram dan di Senggigi, selain melayani penjualan secara online.

“Di sini kami menjual sekitar 490 jenis desain dari kaos dan baju. Untuk desain dibuat sendiri oleh tim kreatif Sasaku,” ungkap Andre, staf Sasaku kepada LombokInsider.com saat ditemui di outlet Sasaku di Komplek Pertokoaan Dasan Cermen No. 31-32, Jl. Teguh Lopan, Mataram baru-baru ini.

LENGKAP. Toko Sasaku memiliki koleksi barang yang lengkap.

LENGKAP. Toko Sasaku memiliki koleksi barang yang lengkap.

Barang yang dijual Sasaku beraneka ragam dan jenis seperti kain pantai, batik, tas, dompet etnik, kerajinan tangan, ukiran, cukli, topeng, sandal berlukis, makanan ringan dan lainnya yang semuanya berlabel buatan Lombok. Berjalan berkeliling di toko yang luas, bersih dan nyaman ditemani oleh staf yang mayoritas perempuan akan membuat para pengunjung betah berlama-lama untuk memilih-milih barang yang ingin dibeli.

Toko Sasaku Dasan Cermen ini buka dari pukul 07:00-22:00 wita untuk melayani para pengunjung. Ini termasuk luar biasa, karena biasanya toko-toko di Mataram buka dari pukul 09:00 dan tutup pukul 21:00.

“Selain di Dasan Cermen, Sasaku juga telah membuka satu outlet lagi di daerah wisata Sengggi. Jenis barang yang dijual sama. Ini merupakan yang salah satu komitmen kami untuk lebih dekat dengan konsumen yang berada di wilayah wisata Senggigi,” jelas Andre.

ANDALAN. Kaos adalah item yang paling diburu pengunjung.

ANDALAN. Kaos adalah item yang paling diburu pengunjung.

Harga Bersaing

Saat melihat-lihat harga yang tertera pada label beberapa barang jualan, saya dibuat terkejut. Harga oleh-oleh setiap kemasan masih terbilang murah. Padahal jika dilihat dari kemasan begitu menarik dan elegan.

“Pelanggan kami banyak dari Jakarta, Bandung, Surabaya dan kota besar lainnya, juga banyak dari lokal NTB,” kata Andre.

Sebagai yang tergolong salah satu pemain baru untuk usaha ini Sasaku termasuk yang berhasil merebut pangsa pasar oleh-oleh kaos unik khas Lombok dengan desain-desain baru yang menarik dan kreatif serta promosi yang gencar melalui medsos merupakan salah satu kunci suksesnya.

Pewarta: Agus Apriyanto

Penyunting: Kasan Mulyono

 

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono