Tanjung, LombokInsider.com – Sekelompok pecinta alam melakukan aksi bersih-bersih kawasan wisata pantai Sira Indah dan melepas 30 ekor tukik di di pantai Sira Indah, Lombok Utara, Sabtu (7/5).

“Acara ini dinamai Ziarah Alam dan diikuti oleh ratusan pecinta alam, pegiat lingkungan dan komunitas peduli lingkungan di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang digelar oleh Perhimpunan Penempuh Rimba Gunung dan Konservasi, Pawang Rinjani,” kata Apink Alkaff, Ketua Rombongan Ziarah Alam 2016, dalam siaran pernya.

Menariknya, bakti sosial ini juga dihadiri Ihor Plastun Syrovatchengko, pegiat lingkungan asal Ukraina yang memang tengah melakukan riset pelestarian lingkungan di NTB, tambah Apink.

Bakti sosial ini juga dirangkai dengan peluncuran program konservasi lingkungan Pawang Rinjani bertajuk Daulat Pohon, 28 Oktober 2016. Peluncuran program konservasi lingkungan ini ditandai dengan penyerahan kapak pusaka dari Pembina Pawang Rinjani, H Djohan Sjamsu yang juga Bupati Lombok Utara, kepada Ketua Rombongan, Apink Alkaff.

Rangkaian even ini diawali dengan acara ajang sana, diskusi, orasi, dan berbagi informasi seputar isu lingkungan kekinian. “Kegiatan ini sangat menyentuh hati saya. Saya yakin, kedepan kita bisa berbuat lebih banyak dalam program pelestarian lingkungan di NTB,’’ kata Ihor, pegiat lingkungan asal Ukraina dalam orasinya.

Ihor juga sempat membeberkan kerusakaan lingkungan di negaranya yang sudah berdampak buruk kepada warga Ukraina. Salah satunya, tragedi Cernobyl. ‘’Dalam waktu dekat, insya Allah kita akan bertemu lagi untuk berbicara lebih serius terkait program pelestarian lingkungan di NTB,’’ ungkap bule muallaf ini penuh semangat.

Semangat yang tak kalah besarnya juga ditunjukkan Djohan Sjamsu. Bapak pendiri Kabupaten Lombok Utara ini juga sempat menyampaikan orasi terkait penolakan penambangan pasir di daerahnya. ‘’Ketika saya menjabat Bupati KLU, pernah ada investor yang ingin menambang pasir di Lombok Utara. Tapi itu saya tolak mentah-mentah,’’ kata Djohan.

‘’Terima kasih setulusnya juga kami sampaikan kepada utusan Palasma (SMAN 1 Mataram), Sampala (SMAN 2 Mataram), Kalpa Saga (SMAN 3 Mataram), utusan SMAN 5 Mataram, utusan Wapala FH Unram, perwakilan Rumah Singgah, anggota pramuka Madrasah Aliyah Sunan Kali Jaga Tanjung, dan semua perwakilan organisasi pecinta alam lain yang ikut repot dalam bakti sosial ini,’’ tandas Apink. (LI/PR)

Penyerahan kapak pusaka dari Pembina Pawang Rinjani, H Djohan Sjamsu yang juga Bupati Lombok Utara, kepada Ketua Rombongan, Apink Alkaff

Penyerahan kapak pusaka dari Pembina Pawang Rinjani, H Djohan Sjamsu yang juga Bupati Lombok Utara, kepada Ketua Rombongan, Apink Alkaff

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono