Pawai Taaruf MTQN 2016 Sedot Puluhan Ribu Penonton

Mataram, Lombokinsider.com – Satu lagi kemeriahan rangkaian acara pelaksanaan MTQN 2016 disuguhkan oleh panitia. Kali ini panitia mengelar arak-arakan Pawai Taaruf yang sangat meriah, ramai dan menarik puluhan ribu penonton sehingga memacetkan Kota Mataram selama beberapa saat pada Jum’at (29/7) siang sampai menjelang petang.

Pawai ini di bagi menjadi dua bagian yaitu kendaraan bergerak dan pejalan kaki. Pawai kendaraan bergerak diikuti oleh 34 kafilah peserta MTQN ditambah peserta dari seluruh kabupaten dan kota di Provinsi NTB. Gelaran ini juga diramaikan dengan atraksi dari beberapa kelompok marching band. Sedangkan pawai jalan kaki diikuti sekitar 3000 orang.

SYUKUR. Gubernur melepas pawai taaruf MTQN 2016.

SYUKUR. Gubernur melepas pawai taaruf MTQN 2016.

“Acara ini merupakan media membangun kearifan lokal dan silaturrahim dari seluruh peserta MTQN 2016 ini. Acara ini juga merupakan atraksi seni budaya Islam dari masing-masing daerah untuk turut serta memeriahkan MTQ di Pulau Seribu Masjid ini,” jelas Drs. Lalu Dirja Harta, M.Si, panitia pawai taaruf.

Wujud Syukur

Pawai taaruf ini berlangsung di sepanjang Jl. Langko hingga Pejanggik Mataram dan dilepas oleh Gubernur NTB Dr. TGH. Muhammad Zainul Majdi tepat pukul 15.00 dari Pendopo Walikota Mataram.

“Pawai Taaruf ini menjadi salah satu wujud syukur kita kepada Allah SWT atas terlaksananya MTQN 2016 di NTB tercinta. Semoga kita sebagai tuan rumah bisa bersama-sama mensukseskannya,” kata Gubernur pada sambutannya.

Hadir dalam acara tersebut Hj. Erika Majdi, Wakil Gubernur, Walikota Mataram, Wakil Walikota Mataram dan juga wakil dari Kemenag Bidang Bimas Islam.

MERIAH. Penampilan kafilah NTB.

MERIAH. Penampilan kafilah NTB.

Peserta pawai kendaraan bergerak akan diberi penilaian dan juaranya akan mendapat masing-masing Rp10 juta untuk Juara I, Rp7,5 juta Juara II, Rp5 juta Juara III. Sepanjang Jl. Langko dan Pejanggik dipenuhi lautan penonton yang ingin menyaksikan secara langsung acara pawai ini. Masyarakat memenuhi Taman Sangkareang dan terlihat begitu antusias menyaksikan pawai ini.

Malam harinya rencana akan dilakukan ramah tamah malam taaruf, dimana Gubernur dan jajaran pemerintah NTB dan Kota Mataram akan menjamu seluruh kafilah dari 34 provinsi yang akan bertanding pada MTQN 2016 ini di lapangan Bumi Gora, Kantor Gubernur NTB.

Pewarta: Agus Apriyanto

Penyunting: Kasan Mulyono

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono