Pantai Senggigi
pantai senggigi

Pantai Senggigi menawarkan banyak kesenangan bagi wisatawan termasuk bermain kano dan berenang.

Mataram, LombokInsider.com – Keberadaan yang sudah jauh berubah tidak serta merta membuat pantai yang merupakan salah satu destinasi wisata favorit pertama di Lombok sekitar 1980an ini ditinggalkan penikmat panorama pantai. Dengan banyaknya bermunculan destinasi wisata pantai lain di seluruh NTB yang masih perawan memang merupakan pesaing berat Senggigi untuk bisa mempertahankan dirinya.

Dengan teluknya yang indah jika dilihat dari atas, ombak yang bergulung ke tepi pantai serta pasir putihnya yang menghampar sepanjang tepi pantai merupakan daya tarik yang dimiliki pantai Senggigi. Apalagi saat ini masa liburan bagi anak-anak sekolah yang telah menyelesaikan ujian sekolah dan nasional telah tiba, tak hayal pantai ini menjadi salah satu pilihan sekolah mereka dalam melakukan wisata perpisahan sekolah. Lokasi yang tidak terlalu jauh dari pusat kota merupakan salah satu pertimbangannya.

“Kalau siang menjelang sore ramai pengunjung, ada sekitar ratusan orang,” aku Jon seorang tukang parkir di area Senggigi.

Yang terlihat dari pantauan kami memang pagi menjelang siang itu belum terlalu ramai, karena mungkin para wisatawan masih melakukan persiapan di rumah atau tempat menginapnya masing-masing. Banyak keluarga yang berlibur ke Senggigi dengan berenang atau sekadar duduk-duduk di pantai sambil menyantap sate bulayak atau minum kopi. Wisatawan juga bisa belanja oleh-okeh dari para pengasong di pinggir pantai. Atau bermain kano sambil menikmati keindahan laut di waktu sore.

Fasilitas pendukung yang lengkap disepanjang kiri kanan jalan memang menjadi keunggulan daerah pantai Senggigi, hotel dan resort dari kelas bintang hingga melati, tempat hiburan pub & karaoke, bank/atm, money changer, klinik kesehatan, toko oleh-oleh, snorkel-diving center dan masih banyak lagi yang lainnya. Hal inilah yang membuat masih banyak wisatawan yang berkunjung karena segala kebutuhan mereka dapat terpenuhi di satu tempat destinasi tanpa harus repot-repot ketempat lain.

Jalan yang halus ditambah segudang fasilitas diatas serta penataan daerah sekitar yang baik merupakan kelebihan kawasan Senggigi, karena memang kawasan ini dahulu menjadi salah satu pusat pariwisata di Lombok. Kebersihan lingkungan sekitar harus menjadi perhatian pemerintah setempat, karena dengan terjaganya kebersihan dan keamanan lingkungan otomatis akan meningkatkan daya tarik kawasan ini.

Tanjakan Batu Layar, jalan raya Senggigi juga menjadi tempat yang tepat untuk mengambil gambar, disana disediakan fasilitas “Gardu Pandang Batu Layar” semacam lookout sehingga wisatawan dapat melihat dikanan dan kirinya pantai indah terhampar dengan teluk yang luas dibawahnya. terdapat juga makam batu layar yang juga sangat ramai dikujungi para peziarah, apalagi saat ini menjelang bulan Ramadhan. Pura Batu Bolong juga menjadi pusat ibadah umat Hindu dan pada hari tertentu juga sangat ramai dikunjungi terletak ditempat yang tidak jauh dari Batu Layar.

Tak heran bila Pantai Senggigi, dari dulu sampai kini tetap paling favorit dan bergigi. (LI/AA)

 

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono