BULAN MADU. Sembalun memenangi kategori destinasi bulan madu ramah wisatawan muslim terbaik 2016.

BULAN MADU. Sebuah hotel di kawasan Sembalun. Tahun ini Sembalun memenangi kategori destinasi bulan madu ramah wisatawan muslim terbaik nasional. (Foto: Dyo)

 

Jakarta, LombokInsider.com – Provinsi Nusa Tenggara Barat memenangi empat dari lima belas kategori dalam Kompetisi Pariwisata Halal Nasional (KPHN) 2016 yang diumumkan oleh Kementerian Pariwisata pada Rabu (21/9) di Jakarta. Provinsi Sumatera Barat juga menyabet 4 kategori dan merebut gelar paling bergengsi yakni Destinasi Halal Terbaik.

Provinsi NTB memenangi kategori  Resort Ramah Wisatawan Muslim Terbaik yakni Novotel Lombok Resort & Villas (Lombok Tengah), Website Travel Ramah Wisatawan Muslim Terbaik yakni Wonderful Lomboksumbawa (www.wonderfullomboksumbawa.com), Destinasi Bulan Madu Ramah Wisatawan Muslim Terbaik yakni Kawasan Lembah Sembalun (Lombok Timur) dan Kuliner Halal Khas Daerah Terbaik yakni Ayam Taliwang Moerad (NTB).

“Para pemenang KPHN 2016 ini akan  mewakili  Indonesia ikut  dalam ajang World Halal Tourism Award (WHTA) 2016 yang akan berlangsung di Abu Dhabi, Uni Emeriat Arab (UEA) pada  Desember 2016 mendatang.  “Di ajang WHTA 2016,  Indonesia diharapkan dapat berprestasi kembali atau setidaknya meraih prestasi yang sama pada WHTA 2015 dengan meraih 3 awards: World’s Best Halal Tourism Destination (Lombok), World’s Best Halal Honeymoon Destination (Lombok), dan World’s Best Family Friendly Hotel (Sofyan Betawi Hotel Jakarta),”  kata Riyanto Sofyan, Ketua Tim Percepatan dan Pengembangan Pariwisata Halal (TP3H).

WAKILI INDONESIA. Pemenang nasional akan mewakili Indonesia dalam ajang anugerah wisata halal dunia. Riyanto Sofyan, Ketua Tim Percepatan dan Pengembangan Pariwisata Halal (tengah).

WAKILI INDONESIA. Pemenang nasional akan mewakili Indonesia dalam ajang anugerah wisata halal dunia. Riyanto Sofyan, Ketua Tim Percepatan dan Pengembangan Pariwisata Halal (tengah).

Menurut Riyanto Sofyan, sebagaimana disampaikan oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, Indonesia optimisitis dapat menjadi destinas pariwisata halal nomor satu dunia pada 2019. “Indonesia memang sangat potensial menjadi destinasi wisata halal paling unggul di dunia. Mengapa? Karena memiliki keragaman destinasi dan kekayaan budaya nusantara dan hal semacam itu merupakan modal utama yang tidak dimiliki negara lain. Kita juga semakin yakin dengan tingginya kesadaran masyarakat dan industri pariwisata nasional terhadap perlunya pariwisata ramah wisatawan muslim atau muslim  friendly  tourism,” kata Menpar Arief Yahya.

Penyelenggaraan KPHN 2016 yang baru pertama kali ini,  menurut Riyanto Sofyan,  disambut gembira oleh masyarakat terutama para pemangku kepentingan (stakeholder) pariwisata; daerah atau destinasi pariwisata dan industri pariwisata. Hal ini terlihat dari jumlah peserta KPHN 2016 yang semula ditargetkan hanya 100 peserta, namun jumlah pendaftarnya  mencapai 117  hingga akhirnya TP3H dan juri KPHN 2016  menetapkan 111 nominator untuk 15 kategori.

“Antusiasme masyarakat juga terlihat pada saat Kemenpar dan TP3H melakukan voting terbuka melalui website www.halaltourism.id sejak 26 Agustus  hingga 15 September 2016  untuk memilih 111 nominator favorit,  jumlah peserta mencapai 115.462 atau jauh melampaui target semula yang hanya 50 ribu,” kata Riyanto Sofyan yang pada kesempatan itu menyampaikan ucapan terima kasih kepada  111 peserta yang telah menjadi nominator dan calon peserta sebelumnya yang telah ikut mendaftar namun belum berhasil terpilih menjadi nominator serta kepada   seluruh voters dan masyarakat yang memberikan perhatian dan dukungannya untuk KPHN 2016.   Ketua Tim TP3H  berharap  kompetisi pariwisata halal nasional dapat diselenggarakan setiap tahun ini akan memacu laju pertumbuhan dan perkembangan pariwisata halal di Indonesia.

Berikut daftar pemenang secara lengkap:

  1. Airport Ramah Wisatawan Muslim Terbaik: Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (Banda Aceh, Aceh)
  2. Hotel Keluarga Ramah Wisatawan Muslim Terbaik: The Rhadana (Kuta, Bali)
  3. Resort Ramah Wisatawan Muslim Terbaik: Novotel Lombok Resort & Villas (Lombok Tengah, NTB)
  4. Biro Perjalanan Wisata Halal Terbaik: Ero Tour (Sumatera Barat)
  5. Website Travel Ramah Wisatawan Muslim Terbaik: Wonderful Lomboksumbawa (www.wonderfullomboksumbawa.com) (NTB)
  6. Destinasi Bulan Madu Ramah Wisatawan Muslim Terbaik: Kawasan Lembah Sembalun (Lombok Timur, NTB)
  7. Operator Haji & Umroh Terbaik: ESQ Tours Travel (Jakarta Selatan)
  8. Destinasi Wisata Halal Terbaik: Sumatera Barat
  9. Destinasi Kuliner Terbaik: Sumatera Barat
  10. Destinasi Budaya Ramah Wisatawan Muslim Terbaik: Aceh
  11. Sentra Kuliner Halal Terbaik: Kantin Salman ITB Bandung (Bandung, Jawa Barat)
  12. Pusat Belanja Ramah Wisatawan Muslim Terbaik: Botani Square (Bogor, Jawa Barat)
  13. Restoran Halal Terbaik: Rumah Makan Lamun Ombak (Padang, Sumatera Barat)
  14. Daya Tarik Wisata Terbaik: Masjid Raya Baiturrahman (Banda Aceh, Aceh)
  15. Kuliner Halal Khas Daerah Terbaik: Ayam Taliwang Moerad (NTB)

 

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono