Air terjun Tiu Kelep di Senaru, Lombok Utara masuk sebagai nominator untuk KategoriDaya Tarik Wisata Terbaik. (Foto: Dyo Anindya Pamungkas)

MENAWAN. Air terjun Tiu Kelep di Senaru, Lombok Utara masuk sebagai nominator untuk Kategori Daya Tarik Wisata Terbaik. (Foto: Dyo Anindya Putera Pamungkas)

 

Jakarta, LombokInsider.com – Lombok Sumbawa Provinsi Nusa Tenggara Barat mendominasi jajaran nominator dalam Kompetisi Pariwisata Halal Nasional 2016 yang dirilis oleh Kementerian Pariwisata Indonesia pada Kamis (25/8). Lombok menempatkan nominatornya dengan mendominasi pada 10 kategori dari 15 kategori yang ada. Namun Lombok sama sekali tidak menempatkan nominatornya pada 5 kategori lainnya.

Dari daftar nominasi dalam seluruh kategori, Lombok Sumbawa menempatkan 23 nominator dari seluruh 111 nominator. Lombok Sumbawa bahkan mendominasi secara keseluruhan pada kategori Resort Pantai Ramah Wisatawan Muslim Terbaik yang diwakili oleh GiliSudak (Lombok Barat), Hotel Lombok Resort Svarga (Senggigi, Lombok Barat), JeevaSantai Villas (Lombok Barat) dan Novotel Lombok Resort & Villas (Lombok Tengah).

Lombok Sumbawa juga mendominasi pada kategori Destinasi Bulan Madu Ramah Wisatawan Muslim Terbaik dengan menempatkan 2 nominator dari 5 total nominator yakni Lembah Sembalun (Lombok Timur) dan Pulau Moyo (Sumbawa).

Demikian juga dengan Kategori Daya Tarik Wisata Terbaik. Lombok Sumbawa mendominasi dengan menempatkan 8 nominator dari total 16 nominator. Wakil Lombok Sumbawa adalah Air Terjun Senaru (Lombok Utara), Air Terjun Sindang Gile & Tiru Kelep (Lombok Utara), Desa Adat Sade (Lombok Tengah), Desa Karang Bajo (Lombok Utara), Islamic Centre (Mataram), Masjid Kuno Bayan (Lombok Utara), Pantai Mawun (Lombok Tengah) dan Gunung Rinjani.

Lombok Sumbawa juga menempatkan satu perwakilan dalam 3 kategori bergengsi. Untuk Kategori Airport Ramah Wisatawan Muslim Terbaik, wakil NTB yakni BandaraInternasional Lombok yang bersaing dengan Bandara Internasional Minangkabau (Padang, Sumatera Barat) dan BandaraInternasional Sultan Iskandar Muda (Banda Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam).

Dalam kategori Destinasi Budaya Ramah Wisatawan Muslim Terbaik, NTB diwakili oleh Lombok dan bersaing melawan Aceh, Nangro Aceh Darussalam dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sementara dalam KategoriKuliner Halal Khas Daerah Terbaik, NTB diwakili oleh makanan sejuta umat Ayam Taliwang; yang bersaing dengan Chocodot dari Garut, Jawa Barat dan Kue Bingka Nayadam dari Batam.

Sayangnya NTB sama sekali tidak menempatkan wakilnya dalam Biro PerjalananWisata Halal Terbaik, Operator Haji dan Umroh Terbaik, Destinasi Wisata Halal Terbaik, Kategori Sentra Kuliner Halal Terbaik, dan Kategori PusatBelanja Ramah Wisatawan Muslim Terbaik.

Gili Sudak masuk sebagai nominator kategori Resort Pantai Ramah Wisatawan Muslim Terbaik. (Foto: Dyo Anindya Putera Pamungkas)

Gili Sudak masuk sebagai nominator kategori Resort Pantai Ramah Wisatawan Muslim Terbaik. (Foto: Dyo Anindya Putera Pamungkas)

Kompetisi Pariwisata Halal Nasional 2016

Salah satu program TP3H Kementerian Pariwisata untuk memacu Pariwisata Halal diantaranya dengan menyelenggarakan Kompetisi Pariwisata Halal Nasional (KPHN) 2016. Kompetisi ini juga merupakan ajang apresiasi terhadap destinasi dan industri yang mengembangkan Pariwisata Halal. Para pemenangnya akan diusulkan dalam kompetisi Pariwisata Halal internasional, World Halal Tourism Award 2016.

Kompetisi yang dimulai sejak Juni 2016 hingga September 2016 sudah memasuki tahap asesmen dan penjurian. Dari hasil penilaian dan pleno Dewan Juri, sebanyak 111 destinasi dan industri pariwisata nasional terpilih menjadi nominator dalam KPHN 2016.

Kementerian Pariwisata akan memberikan penghargaan kepada para pemenangnya berupa 15 Anugerah Pariwisata Halal Terbaik, dengan kategori sebagai berikut:

  1. Airport Ramah Wisatawan Muslim Terbaik
  2. Hotel Keluarga Ramah Wisatawan Muslim Terbaik
  3. Resort Pantai Ramah Wisatawan Muslim Terbaik
  4. Biro Perjalanan Wisata Halal Terbaik
  5. Website Travel Ramah Wisatawan Muslim Terbaik
  6. Destinasi Bulan Madu Ramah Wisatawan Muslim Terbaik
  7. Operator Haji dan Umroh Terbaik
  8. Destinasi Wisata Halal Terbaik
  9. Destinasi Kuliner Halal Terbaik
  10. Destinasi Budaya Terbaik
  11. Sentra Kuliner Halal Terbaik
  12. Pusat Belanja Ramah Wisatawan Muslim Terbaik
  13. Restoran Halal Terbaik
  14. Daya Tarik Wisata Terbaik
  15. Kuliner Halal Terbaik

 

Masyarakat akan memilih nominator yang terbaik melalui e-voting yang digelar secara online mulai tanggal 26 Agustus – 15 September 2015. Pemilihan e-voting tersebut dapat diakses pada website www.halaltourism.id. Penganugerahan penghargaan (award) Pariwisata Halal direncanakan pada 27 September 2015 mendatang. Pemenang KPHN akan diusulkan mengikuti kompetisi Pariwisata Halal internasional, mewakili Indonesia.

Dewan Juri KPHN 2016 menggelar rapat pleno, Selasa, 23 Agustus 2016, menetapkan para nominator tersebut. Nominator dipilih dari para pendaftarnyag dibuka sejak Juni 2016 dan rekomendasi TP3H. Rapat pleno juga memutuskan memperluas kategori dengan mengakomodasi kearifan lokal. “Kami juga mendorong dan mengapresiasi industri Pariwisata Halal yang mengusung local wisdom (kearifan lokal),” ungkap Ketua TP3H Kementerian Pariwisata, Riyanto Sofyan.

Riyanto memaparkan, KPHN 2016 akan mendorong pengembangan pariwisata nasional melalui industri Pariwisata Halal (Halal tourism) atau pariwisata ramah wisatawan muslim (muslim friendly tourism). Aspek penilaian utama dalam KPHN 2016 meliputi Profile, Key Achievement, Unique Characteristics.

Aspek penilaian Profile meliputi pofil destinasi atau usaha serta komitmen pada kepatuhan untuk memenuhi kebutuhan wisatawan muslim, sertifikasi Halal untuk produk makanan dan minuman, penyediaan fasilitas kemudahan untuk beribadah, dan komitmen yang tergambar dalam kebijakan, struktur organisasi, kepemimpinan, sistem operasional.

Aspek penilaian Key Achievements menggambarkan performance destinasi atau usaha, data pasar dan pekermbangannys, capaian dan target pasar, kepuasan konsumen, kinerja keuangan, sistem prosedur serta pembinaan SDM.

Aspek Unique Characteristics merupakan inovasi dan terobosan produk dan pelayanan yang sesuai pada komitmen pemenuhan kebutuhan wisatawan muslim.

TP3H Kementerian Pariwisata mengapresiasi partisipasi masyarakat, pemerintah daerah, dan dunia usaha yang sudah mengembangkan Pariwisata Halal dan turut serta dalam KPHN 2016. “Antusiasme masyarakat berpartisipasi dalam kompetisi ini sangat tinggi dan ini membangkitkan optimism bahwa Pariwisata Halal Indonesia akan menjadi unggulan di dunia,”ujar Lokot Ahmad Enda, Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Pariwisata BudayaKementerian Pariwisata, yang juga menjabat Sekretaris TP3H.

Daftar Nominator Kompetisi Pariwisata Halal 2016 Tingkat Nasional

I. Kategori Airport Ramah Wisatawan Muslim Terbaik

  1. BandaraInternasional Lombok – Lombok, Nusa Tenggara Barat
  2. BandaraInternasionalMinangkabau – Padang, Sumatera Barat
  3. BandaraInternasional Sultan IskandarMuda – Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam

II. Hotel Keluarga Ramah Wisatawan Muslim Terbaik

  1. Akbar Hotel Syariah – Banyumas, Jawa Tengah
  2. Arini Hotel – Surakarta, Jawa Tengah
  3. Aston Makassar Hotel & Convention Center – Makassar, Sulawesi Selatan
  4. Best Skip Hotel – Palembang, Sumatera Selatan
  5. DaarulJannah Cottage – Bandung, Jawa Barat
  6. Grand Madani Hotel – Mataram, Nusa Tenggara Barat
  7. Grand Rocky Hotel Bukittinggi – Bukitttinggi, Sumatera Barat
  8. Hermes Palace Hotel – Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam
  9. Hotel Aziza Solo – Surakarta, Jawa Tengah
  10. Hotel Eastparc – Yogyakarta, Jawa Tengah
  11. Hotel Grand Town – Makassar, Sulawesi Selatan
  12. Hotel Grasia – Semarang, Jawa Tengah
  13. Hotel Hang Tuah – Padang, Sumatera Barat
  14. Hotel Q Grand Dafam Syariah Banjarbaru – Banjarbaru, Kalimantan Selatan
  15. Hotel Salak The Herritage – Bogor, Jawa Barat
  16. Hotel Semesta – Semarang, Jawa Tengah
  17. Hotel Syari’ahPekalongan – Pekalongan, Jawa Tengah
  18. KyriadBumiminang – Padang, Sumatera Barat
  19. KyriadPesonna Hotel – Makassar, Sulawesi Selatan
  20. Muria Hotel – Semarang, Jawa Tengah
  21. Narapati Indah Hotel – Bandung, Jawa Barat
  22. Novotel Lombok Resort & Villas – Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
  23. Puncak Pass Resort – Cianjur, Jawa Barat
  24. PuteriGunung Hotel – Lembang, Jawa Barat
  25. Regent’s Park Hotel – Malang, JawaTimur
  26. Rhadana Hotel – Kuta, Bali
  27. Riez Palace Hotel – Tegal, Jawa Tengah
  28. Rocky Plaza Hotel Padang – Padang, Sumatera Barat
  29. Sofyan Inn RangkayoBasa – Padang, Sumatera Barat
  30. Syariah Hotel – Solo, Jawa Tengah
  31. The Oasis Lagoon – Sanur, Bali
  32. The Sahira Hotel – Bogor, Jawa Barat
  33. UB Guest House – Malang, JawaTimur

III. Resort Pantai Ramah Wisatawan Muslim Terbaik

  1. Gili Sudak – Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat
  2. Hotel Lombok Resort Svarga -Senggigi Nusa Tenggara Barat
  3. JeevaSantaiVillas – Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat
  4. Novotel Lombok Resort & Villas – Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat

IV. Biro PerjalananWisata Halal Terbaik

  1. Cheria Halal Wisata Tour Travel – Jakarta Selatan
  2. DT Mice and Tour – Bandung, Jawa Barat
  3. Ero Tour – Sumatera Barat
  4. ESQ Tours Travel – Jakarta Selatan
  5. Gaido Travel & Tours – Jakarta Selatan
  6. Gardi Tour – Jakarta Pusat
  7. KaisaRossie – Semarang, Jawa Tengah
  8. MunatourTravel – Jakarta Selatan
  9. Royal Indonesia Travel – Depok, Jawa Barat
  10. Tazkia Travel – Jakarta Selatan

V. Website Travel Ramah Wisatawan Muslim Terbaik

  1. Cheria Halal Wisata Tour Travel – Jakarta Selatan
  2. DT Mice and Tour – Bandung, Jawa Barat
  3. ESQ Tours Travel – Jakarta Selatan
  4. Royal Indonesia Travel – Depok, Jawa Barat
  5. Wonderful Lomboksumbawa – Nusa Tenggara Barat

VI. Destinasi Bulan Madu Ramah Wisatawan Muslim Terbaik

  1. Lembah Sembalun – Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat
  2. Batu – Malang, JawaTimur
  3. DanauManinjau – Sumatera Barat
  4. KepulauanSeribu – DKI Jakarta
  5. PulauMoyo – Nusa Tenggara Barat

VII. Operator Haji dan UmrohTerbaik

  1. CheriaHalal Wisata Tour Travel – Jakarta Selatan
  2. ESQ Tours Travel – Jakarta Selatan
  3. Fatimah Zahra – Semarang, Jawa Tengah
  4. Gaido Travel & Tours – Jakarta Pusat
  5. Hasanah Tour & Travel – Bekasi, Jawa Barat
  6. Munatour Travel – Jakarta Selatan
  7. Royal Indonesia Travel – Depok, Jawa Barat
  8. Sahara KafilaWisata – Jakarta Timur
  9. Tazkia Travel – Jakarta Selatan

VIII. Destinasi Wisata Halal Terbaik

  1. Makassar – Sulawesi Selatan
  2. Malang – JawaTimur
  3. Sumatera Barat – Sumatera Barat

IX. Destinasi Kuliner Halal Terbaik

  1. Bandung, Jawa Barat
  2. DKI Jakarta, DKI Jakarta
  3. Lombok, Nusa Tenggara Barat
  4. Malang, JawaTimur
  5. Solo, Jawa Tengah
  6. Sumatera Barat

X. Destinasi Budaya Ramah Wisatawan Muslim Terbaik

  1. Aceh, Nangro Aceh Darussalam
  2. DI. Yogyakarta, DI. Yogyakarta
  3. Lombok, Nusa Tenggara Barat

XI. Kategori Sentra Kuliner Halal Terbaik

  1. Kampoeng Popsa – Makassar
  2. Kantin Halalan Thoyyiban Univ. Brawijaya – Malang, JawaTimur
  3. Kantin Salman ITB – Bandung, Jawa Barat

XII. Kategori Pusat Belanja Ramah Wisatawan Muslim Terbaik

  1. Botani Square – Bogor, Jawa Barat
  2. Mall Q Grand Dafam Syariah – Banjarbaru, Kalimantan Selatan

XIII. Kategori Restoran Halal Terbaik

  1. Inggil Museum Resto – Malang, JawaTimur
  2. Lesehan Asri – Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
  3. LesehanTaliwang Irama – Mataram, Nusa Tenggara Barat
  4. Rumah Makan Taman Sari – Bukittinggi, Sumatera Barat
  5. Rumah Makan Lamun Ombak – Bukittinggi, Sumatera Barat
  6. Taman Indie – Malang, JawaTimur

XIV. Kategori Daya Tarik Wisata Terbaik

  1. Air Terjun Senaru – Lombok Timur (seharusnya Lombok Utara), Nusa Tenggara Barat
  2. Air Terjun Sendang Gile & Tiu Kelep – Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat
  3. Candi Borobudur – Magelang, Jawa Tengah
  4. Desa Adat Sade – Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
  5. Desa Karang Bajo – Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat
  6. Islamic Centre – Mataram, Nusa Tenggara Barat
  7. JawaTimur Park Group – JawaTimur
  8. Karimun Jawa – Jawa Tengah
  9. Masjid Kuno Bayan – Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat
  10. Masjid Raya Baiturrahman Aceh – Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam
  11. Museum Kapal PLTD Apung– Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam
  12. Museum RumahAdat– Aceh,Nanggroe Aceh Darussalam
  13. Museum Sangiran – Sragen, Jawa Tengah
  14. Museum Tsunami – Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam
  15. Pantai Mawun – Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
  16. Gunung Rinjani – Nusa Tenggara Barat

XV. Kategori Kuliner Halal Khas Daerah Terbaik

  1. AyamTaliwang – Nusa Tenggara Barat
  2. Chocodot – Garut, Jawa Barat
  3. Kue Bingka Nayadam – Batam
About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono