sungai Jangkok, Kota Mataram

Mataram, Lombokinsider.com  – Sungai, danau, air terjun dan laut merupakan daya tarik pariwisata alam dan Lombok memiliki semuanya. Kini yang gencar dikembangkan dan dipromosikan oleh Pemerintah Kota Mataram adalah destinasi wisata sungai Jangkok.

Bila dikemas dengan baik, sungai Jangkok juga bisa dikembangkan menjadi daya tarik wisata Kota Mataram. Sudah banyak contoh di negara-negara lain maupun di kota-kota lain bagaimana sungai bisa menjadi obyek wisata yang ramai dikunjungi wisatawan.

Memang sungai Jangkok tidak tergolong sungai yang besar dan panjang. Daerah aliran sungai (DAS) Jangkok merupakan salah satu DAS yang berada di Pulau Lombok. DAS Jangkok mempunyai luas 170,298 km persegi dengan panjang sungai utama 47,106 km membujur dari arah timur ke barat melintasi Kabupaten Lombok Barat di bagian hulu dan Kota Mataram di bagian hilir, serta bermuara di Selat Lombok (Kementerian Pekerjaan Umum, 2011). Bandingkan dengan sungai Kapuas di Kalimantan Barat yang panjangnya 1.143 km dan sungai Bengawan Solo di Jawa Tengah yang panjangnya 548 km.

Namun, tetap saja Sungai Jangkok memiliki potensi wisata yang bisa dikembangkan. Saat ini Pemkot Mataram telah melakukan penataan dan pembinaan kepada masyarakat di bantaran sungai. Pemkot juga mempromosikan Sungai Jangkok sebagai obyek pariwisata dengan menggelar pelbagai even termasuk konser musik di atas Sungai Jangkok baru-baru ini.

“Pada 25 Maret 2016 kami menggelar konser musik untuk memeringati Hari Air Sedunia dengan mendatangkan Squidly Cole, drummer Marley Family, bernyayi di tengah Sungai Jangkok Ampenan,” kata Wahyudi Muchlis, Sekretaris Badan Promosi Pariwisata Kota Mataram.

Di sepanjang Sungai Jangkok juga dijumpai banyak warga yang bertanam kangkung, sayur khas Lombok yang sangat terkenal. Banyak juga anggota masyarakat yang memelihara ikan dalam karamba-karamba di Sungai Jangkok. Bahkan di bagian agak hulu Sungai Jangkok, kini juga ada wisata rafting yang menantang.

Penataan dan Pengembangan

Sungai Jangkok, jika kita tengok di malam hari terlihat gemerlap lampu yang menerangi beberapa kedai yang berada diatas bantaran sungai menambah keindahan suasana. Para pengunjung juga dapat menikmati berbagai macam hidangan laut seperti ikan, cumi, udang dll dan minuman yang tersedia di sana dengan harga terjangkau, sambil bersantai menikmati aliran sungai yang tenang bermuara ke pantai Ampenan. Penampilan baru Sungai jangkok yang lebih bersih, rapi dan indah merupakan buah sinergi antara pemerintah, masyarakat Ampenan dan pihak terkait lainnya.

“Alhamdulillah sejak sungai Jangkok jadi bersih seperti sekarang lebih banyak pengunjung ke kedai kami,” demikian ungkap inaq Mar salah seorang pedangang disana. “Semoga keadaannya terus begini, bersih, aman dan nyaman, otomatis orang pada datang untuk menikmati suasana ini,” pungkasnya. (LI/AA)

Even Hari Air Sedunia di Mataram

Even Hari Air Sedunia di Mataram

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono