Semarak. Para peserta pawai Mataram Bertakbir tengah bersiap. Foto: Tok Adhi, BPPKM.

 

SEMARAK. Para peserta pawai tengah bersiap-siap dengan atribut pawainya. Foto: Tok Adhi BPPKM.

 

Mataram, Lom

Syiar Islam. Walikota Mataram, Ustadz H. Ahyar Abduh, saat membuka Mataram Bertakbir.

Syiar Islam. Walikota Mataram, Ustadz H. Ahyar Abduh, saat membuka Mataram Bertakbir.

bokInsider.com – Pada malam ketiga puluh bulan Ramadan, Kota Mataram dimeriahkan oleh acara pawai Mataram Bertakbir yang diikuti oleh 150 kabilah dari Kota Mataram dan Lombok Barat. Peserta dengan mengusung miniatur masjid masing-masing berjalan berkeliling Kota Mataram dengan diiringi musik tradisional dan Islami.

“Pawai takbir yang setiap tahun dilaksanakan merupakan syiar Islam yang harus terus dilestarikan. Ini merupakan salah satu contoh yang diajarkan oleh Rasulullah Saw. dan para sahabat, jika telah datang awal bulan Syawal untuk mengagungkan asma Allah dengan menggemakan takbir, tasbih dan tahmid,” kata Walikota Mataram, Ustadz H. Ahyar Abduh saat melepas pawai Mataram Bertakbir, Selasa (5/7) di Lapangan Sangkareang.

Pelepasan para peserta pawai ditandai dengan pemukulan bedug pada pukul 20:30. Lapangan Sangkareang malam itu dipadati ribuan orang peserta dan para penonton yang ingin menyaksikan secara langsung pawai takbir keliling kota tersebut sekaligus momen berwisata bagi masyarakat. Tampak hadir dalam jajaran undangan antara lain Walikota Mataram, Wakil Walikota Mataram H. Mohan Roslikana, S.Sos., MH., Dandim 1606 Lombok Barat & Mataram, kepala SKPD lingkup Pemkot Mataram, pimpinan KNPI Kota Mataram dan pimpin-

Peserta Meningkat. H. Novian Rosmana, S.Sos, Ketua KONI Kota Mataram, Ketua Panitia Mataram Bertakbir

Peserta Meningkat. H. Novian Rosmana, S.Sos, Ketua KNPI Kota Mataram, Ketua Panitia Mataram Bertakbir

an BP2KM, serta tokoh agama dan masyarakat.

“Saya sangat berterima kasih kepada KNPI Kota Mataram sebagai panitia dan seluruh pihak yang telah mendukung terlaksananya acara ini,” kata Walikota Ahyar.

150 Peserta

Ketua Panitia Mataram Bertakbir, H Novian Rosmana, S.Sos., yang juta Ketua KNPI Mataram menjelaskan bahwa Mataram Bertakbir tahun ini diikuti oleh 150 peserta, meningkat dari 120 peserta tahun 2015. Peserta berasal dari Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Barat,” kata H. Novian.

“Kami atas nama panitia, sangat berterima kasih kepada remaja masjid diseluruh Kota Mataram karena telah berpartisipasi aktif sehingga acara ini dapat berlangsung sukses dan lancar,” jelas H. Novian.

Acara Mataram Bertakbir ini juga dihajatkan sebagai acara untuk menyambut pelaksanaan MTQN XXVI di Kota Mataram. “Pada kesempatan ini saya mengajak seluruh unsur masyarakat untuk bersama-sama mensukseskan MTQN yang akan diadakan sebentar lagi, karena sudah kedua kalinya kita menjadi tuan rumah, semoga kita dapat menjadi tuan tumah yang baik, sehingga nantinya daerah lain akan terkesan dengan Mataram dan NTB pada umumnya,” papar H. Novian.

Gubernur NTB TGH Dr Zainul Majdi, MA saat memberikan sambutan Idul Fitri pada Rabu (6/7) di halaman Kantor Gubernur menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan acara Mataram Bertakbir. “Kami atas nama pemerintah Provinsi NTB menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas pelaksanaan acara Mataram Bertakbir yang berjalan sukses,” kata Gubernur Zainul Majdi.

Pewarta: Agus Apriyanto

Penyunting: Kasan Mulyono

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono