Pantai Selong Belanak

Lombok Tengah, LombokInsider. com – Puluhan ribu wisatawan membanjiri Pantai Selong Belanak di Lombok Tengah pada Minggu (1/1/17) guna berwisata liburan tahun baru. Para pengunjung tidak saja wisatawan lokal, namun juga wisatawan nasional dan asing. Semuanya tumpah memenuhi garis pantai berpasir putih yang indah tersebut. Tak ayal, kedatangan puluhan ribu wisatawan tersebut mengakibatkan kepadatan di pantai dan kemacetan di jalan.

Pantai Selong Belanang merupakan sebuah teluk berpasir putih yang cukup landai sehingga memiliki wilayah pantai yang luas. Pantai ini sejatinya merupakan rumah bagi ratusan nelayan yang mencari ikan di perairan

RAMAI. Anak-anak tampak bermain bola di antara puluhan ribu pengunjung Pantai Selong Belanak

RAMAI. Anak-anak tampak bermain bola di antara puluhan ribu pengunjung Pantai Selong Belanak

pesisir Samudra Hindia. Tampak rumah-rumah nelayan dan jajaran perahu nelayan di sepanjang pantai.

Namun kini Pantai Selong Belanak juga terkenal sebagai sebuah destinasi pantai di bagian selatan Pulau Lombok yang bertetanggan dengan Pantai Kute yang telah lebih dahulu terkenal dan kini Pantai Mawun yang mulai banyak menarik kunjungan wisatawan.

Wisatawan yang berkunjung kebanyakan menikmati Pantai Selong Belanak dengan sekadar berjalan-jalan di pinggir pantai atau menikmati makanan di warung-warung di sepanjang pantai. Namun banyak juga anak-anak yang berenang dan bermain pasir di pantai. Sementara wisatawan asing banyak yang bermain selancar air di bagian tengah pantai.

“Saya baru pertama kali ke pantai Selong Belanak. Pantainya indah dan luas. Bagus untuk liburan keluarga,” kata Nia, seorang wisatawan dari Mataram.

NELAYAN. Perahu nelayan menghiasi pinggir Pantai Selong Belanak.

NELAYAN. Perahu nelayan menghiasi pinggir Pantai Selong Belanak.

“Namun sayang pantai yang indah ini belum tertata dengan baik dan belum ada sarana pendukung yang memadai seperti toilet dan tempat parkir. Perlu juga penataan untuk pemukiman nelayan agar lebih rapi dan indah,” tambah Nia.

Selain turun langsung ke pantai, pengunjung juga banyak yang menikmati pemandangan pantai dari kejauhan di sebuah titik di atas bukit di jalan keluar. “Pemandangan indah sekali dari atas sini. It’s so cool,” kata Kartika, seorang pelajar dari Mataram.

Pelbagai jajanan dan makanan juga dijual di Pantai Selong Belanak. Di sepanjang pantai dijual es kelapa muda, jagung bakar, cilok dan nasi goreng. Di sepanjang jalan menuju pantai juga ada beberapa restoran. “Makanan di sini lumayan enak. Harganya juga gak terlalu mahal,” kata Satria, seorang mahasiswa dari Jogjakarta yang ditemui sedang makan di Restoran The Gazebo di pinggir kanan jalan pulang dari Pantai Selong Belanak. (LI/KM)

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono