Pantai Pink, Lombok Timur

 

Penulis/Foto: Rika Herawati

Penyunting: Kasan Mulyono

 

Selong, LombokInsider.com – Keindahan pasir dan laut di Pantai Pink, membuat mata pengunjung enggan berpaling. Keunikan dan keindahan pantai dengan warna pasir yang langka ini pun mencari buah bibir dan tujuan wisatawan dalam beberapa tahun terakhir.

Pantai Pink terletak di desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Pulau Lombok. Dinamakan Pantai Pink karena pasirnya berwarna pink yang merupakan campuran pasir putih dan merah. Warna merah ini berasal dari koral, pecahan kerang, dan kalsium karbonat yang berasal dari hewan laut. Pagi hari sekitar pukul 7-8 dan sore hari menjelang matahari terbenam adalah waktu yang tepat untuk melihat warna pasir pink.

Sebelumnya Pantai Pink oleh masyarakat setempat lebih dikenal dengan sebutan Pantai Tangsi. Dinamai Pantai Tangsi karena tempat itu sebelumnya merupakan genteng atau tangsi penjajah Jepang. Jejak-jejak peninggalan kolonial Jepang masih terlihat sampai sekarang. Di kawasan Pantai Pink terdapat gua dan meriam peninggalan Jepang. Gua-gua tersebut dibangun oleh tentara Jepang pada masa pendudukan Jepang di Indonesia sekitar tahun 1942.

Wisata Bahari

Di sekitar Pantai Pink terdapat beberapa gili yang dapat Anda kunjungi. Gili merupakan sebutan untuk pulau kecil yang ada di pulau Lombok. Gili Petelu dan Gili Temeak merupakan dua gili di sekitar Pantai Pink. Anda bisa mencapai gili ini menggunakan perahu bermotor.

Selain menikmati keindahan pantai dengan warna pasirnya yang khas, banyak kegiatan wisata bahari yang dapat dilakukan saat mengunjungi Pantai Pink. Yang paling populer di sini adalah berenan

Indah Menawan. Pantai berwana pink dengan laut yang jernih dan tenang.

Indah Menawan. Pantai berwana pink dengan laut yang jernih dan tenang.

g, snorkeling, memancing atau berkunjung ke pulau-pulau kecil di sekitar Pantai Pink. Pantai Pink merupakan perairan dangkal dengan arus yg tenang sehingga memungkinkan untuk aktivitas berenang.

Akses ke Pantai Pink

Menuju Pantai Pink dapat dicapai melalui 2 jalur yakni darat dan laut. Melalui darat dengan rute Mataram – Praya – Jerowaru – Pantai Pink sekitar 2 jam dari  pusat kota Mataram dan jalur darat-laut dengan rute Mataram – Praya – Keruak – Tanjung Luar. Tanjung Luar merupakan kawasan permukiman nelayan, dari sana dapat menggunakan perahu sekitar 40 menit menuju Pantai Pink. Saat ini pemerintah sedang berupaya untuk terus memperbaiki sarana dan prasarana yang memadai  untuk kenyamanan para pengunjung. Bila penataan ini telah tuntas, maka pandangan para wisatawan semakin tidak mau berpaling dari Pantai Pink.

 

 

 

#PantaiPink

#PesonaLombokTimur

#PesonaLombokSumbawa

 

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono