Gunung Rinjani dilihat dari Sembalun

PETUALANGAN. Gunung Rinjani pada pagi hari seperti terlihat dari Desa Sembalun. Gunung Rinjani menjadi destinasi pertama yang harus dituju bagi pecinta wisata petualangan menurut CNN Travel.

 

LombokInsider.com – Dalam seri tulisannya tentang wisata di Indonesia, CNN Travel menurunkan tulisan yang berjudul Indonesia in two weeks? It can be done oleh Theodora Sutcliffe pada Rabu (17/8). Dalam tulisan ini, Theodora memberikan empat agenda perjalanan di Indonesia yang bisa diselesaikan dalam dua minggu. Agenda jalan-jalan dua minggu yang pertama adalah di Lombok. Berikut ringkasannya.

Bagi Theodora, Indonesia terlalu besar untuk dijelajahi dalam waktu singkat. “Sederhananya, Indonesia itu masif,” kata Theodora Sutcliffe, memulai tulisannya.

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki 17.000 pulau yang tersebar sejauh 3.000 mil di sepanjang garis khatulistiwa.

Penduduk Indonesia sebanyak 250 juta berbicara menggunakan 700 bahasa dan menganut enam agama resmi, selain masih ada tradisi-tradisi animisme.

“Salah satu perhitungan yang ada menyebutkan bahwa perlu waktu 48 tahun untuk mengunjungi seluruh bagian Indonesia. Namun, bila Anda hanya memiliki waktu selama dua minggu, Anda tetap bisa menjelajahi negeri yang beragam ini,” tulis Theodora.

Petualangan Dua Minggu di Lombok

Nah, bila Anda hanya punya dua minggu, dan Anda menyukai petualangan, maka Lombok adalah tujuan yang tepat. Berikut rincian program perjalanan yang disarankan oleh Theodora.

Malam 1 – 3: Setelah tiba di Lombok, perjalanan pertama adalah mendaki Gunung Rinjani. Perlu juga ditambahkan satu hari treking di anak Gunung Rinjani. Informasi detail tersedia di Gunungbagging.com.

SURFING. Turis kembali dari surfing di Gili Trawangan. (Foto: Dyoputra Pamungkas)

SURFING. Turis kembali dari surfing di Gili Trawangan. (Foto: Dyoputra Pamungkas)

Malam 4-5: Pemulihan badan yang capai setelah mendaki gunung bisa dicapai dengan jalan-jalan dua hari di tiga gili, di lepas barat laut pantai Lombok. Gili Trawangan menawarkan kesenangan ala backpacker, Gili Air menyajikan pesta yang canggih dan Gili Meno memberikan ketenangan.

Malam 6-8: Indonesia adalah destinasi surfing global, dan Lombok, sebagaimana Bali, memliki banyak ombak kelas dunia.

Kuta, di selatan Lombok, memiliki ombak yang cocok untuk siapa saja dari pemula sampai yang mahir.

Desert Point, di barat daya Lombok memiliki ombak menggulung ke arah kiri yang teratur, banyak menarik peselancar mahir dari seluruh dunia.

Malam 9-13: Terbang ke Komodo melalui bandara Labuan Bajo, Flores, untuk mencoba menjelajahi pulau Komodo.

Selain terkenal akan kadal raksasa pemakan daging yang hanya didapati di pulau ini, menyelam di sekitar pantai Komodo memberikan pemandangan bawah laut yang terbaik. Anda bisa bertemu dengan hiu, penyu, ikan pari dan banyak lagi. (LI/KM)

http://edition.cnn.com/2016/08/16/travel/indonesia-two-weeks/index.html

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono