Aik Nyet Lombok Barat
Hutan yang indah dengan pohon-pohon yang menjulang tinggi.

Hutan yang indah dengan pohon-pohon yang menjulang tinggi.

Menikmati hidangan sate bulayak di beruga.

Menikmati hidangan sate bulayak di beruga.

Narmada, LombokInsider.com – Sudah empat kali penulis berkunjung ke destinasi wisata Aik Nyet di Buwun Sejati, Kecamatan Narmada, Lombok Barat. Tiga kali penulis ke sana dalam tur sepeda gunung dan sekali dengan mobil bersama keluarga. Namun selalu saja keindahan destinasi ini membuat penulis ingin kembali.

Terletak sekitar 25 km dari Kota Mataram, destinasi Aik Nyet yang terletak di dalam hutan lindung sedikitnya memiliki tiga daya tarik utama. Pertama, pesona hutan dengan pohon-pohon besar yang terjaga kelestariannya yang juga dijadikan bumi perkemahan. Kedua, pesona pemandian air dengan air sejuk dan bersih. Ketiga, kuliner khas Lombok yakni sate bulayak.

Seperti Hutan dalam Film Harry Potter

Pohon-pohon mahoni yang menjulang tinggi dengan kanopi rapat menutup langit serta pokok-pokok yang kokoh menghujam bumi menghadirkan lanskap yang seram namun mengagumkan. Ini mengingatkan kita pada hutan Dean yang menjadi latar film anak-anak Harry Potter.

Pengunjung bisa menikmati hutan ini dengan berjalan berkeliling di atas jalan setapak dengan anak-anak tangga yang sudah tertata rapi dan aman. Sebuah anyunan dan papan nama tersedia di tengah hutan ini yang biasa dijadikan spot untuk berfoto. Kawasan ini juga dijadikan bumi perkemahan dan sering dijadikan tempat kegiatan pramuka dan pecinta alam.

Kolam dan Sungai Air Dingin

Destinasi ini disebut Aik Nyet mungkin diambil dari kenyataan air (aik dalam bahasa Sasak) dingin (nyet) yang mengalir di sana yang merupakan hulu Sungai Jangkok yang bermuara di Kota Mataram. Air di sungai ini dibendung dan dibuatkan kolam-kolam pemandian dengan pancuran-pancuran kecil. Dasar kolam tidak dalam sehingga aman untuk anak-anak.

Karena itu setiap akhir pekan dan pada hari-hari libur destinasi Aik Nyet ini banyak dikunjungi wisatawan lokal berkeluarga atau menjadi tujuan piknik liburan sekolah.

Sate Bulayak

Sebenarnya makanan sate bulayak bisa didapati di banyak tempat di Lombok, termasuk di Kota mataram atau di destinasi wisata Pantai Senggigi. Sate bulayak di sini pun kandungannya sama yakni sate daging ayam yang disajikan dengan bulayak atau lontong yang dibalut dalam anyaman jalur kelapa; dengan bumbu pedas.

Namun, sate bulayak di Aik Nyet terasa istimewa sedikitnya karena tiga hal. Pertama, konon makanan khas Lombok ini asalnya memang dari daerah sekitar Kecamatan Narmada di mana Aik Nyet berada. Kedua, makanan pedas hangat ini dihidangkan di lingkungan wisata yang udaranya cukup dingin di bangunan beruga kayu yang sederhana tapi indah, sehingga rasa hangatnya sangat dibutuhkan tubuh. Ketiga, harganya cukup murah dibandingkan di Mataram atau Senggigi. Apalagi setelah makan sate bulayak kita menyeruput kopi panas sambil menikmati indahnya gemericik air mengalir di sekitar beruga.

Lain kali bila ke Lombok, pastikan sempatkan waktu untuk mengunjungi destinasi wisata Aik Nyet di Kecamatan Narmada. (LI/KM)

 

Foto utama: Diskominfo Lombok Barat

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono