Kick off BBLS oleh Kadisbudpar NTB di Taman Udayana Mataram

Mataram, LombokInsider.com – Sebagai bagian dari rangkaian acara Bulan Budaya Lombok Sumbawa (BBLS) Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB melakukan kick off pagi ini Minggu (14/8) di Car Free Day, Jalan Udayana, di samping Islamic Center Mataram. “Acara ini dimaksudkan sebagai promosi dan informasi kepada masyarakat Kota Mataram dalam rangkaian BBLS yang akan dilaksanakan mulai 17 Agustus sehingga masyarakat luas mengetahui agenda BBLS dan bisa mengikutinya,” kata HL. Moh. Faozal Kadis Budpar NTB.

INFORMASI. Brosur tentang BBLS dibagikan kepada masyarakat.

INFORMASI. Brosur tentang BBLS dibagikan kepada masyarakat.

Pada kick off ini dilaksanakan juga pelepasan tim Tapak Rinjani IX kerjasama dengan BEM FE UNRAM. Tim Tapak Rinjani akan melakukan bersih-bersih sekitar puncak Rinjani pada 16-18 Agustus dan turun pada 19 Agustus. Selain untuk melaksanakan upacara 17 Agustus di puncak Rinjani sekaligus juga mengedukasi para pendaki dan pecinta alam untuk tidak membuang sampah di gunung alias jangan buang sampah sembarangan. “Pagi ini kami juga bersama-sama perwakilan dari pengusaha perhotelan dan restoran di Mataram melakukan aksi bersih di sekitar halaman Islamic Center,” lanjut Faozal.

PERESEAN. Permainan Rakyat (Peresean, Begasingan dan Belanjakan) di Abian Tubuh

PERESEAN. Permainan Rakyat (Peresean, Begasingan dan Belanjakan) di Abian Tubuh. Foto: Lalu Gita

“Selain itu BBLS diharapkan dapat menjadi magnet bagi wisatawan yang sedang dan akan berkunjung ke NTB, sehingga target pencapaian kunjungan wisnu dan wisman sebanyak 3 juta orang dapat tercapai pada 2016 ini,” tegas Faozal, seraya menambahkan bahwa hingga saat ini kunjungan wisatawan ke NTB sudah mencapai 1,5 juta orang lebih dari bulan yang tersisa ditambah dengan adanya BBLS ini diharapakan target dapat tercapai.

Rangkaian kegiatan BBLS meliputi Festival Seni Anak di Taman Budaya, Atraksi Robot dari International Islamic School Robot Olympiade di Lombok Epicentrun Mall, Parade Budaya NTB dan Nusantara, Tenun Fashion Carnival, Cidomo Carnival depan Pendopo Gubernur NTB, Gelar Seni Kabupaten se-NTB di Taman Sangkareang, Lombok Inframe dan Instameet di Gili Sudak, Pameran Ekonomi Kreatif (tenun, bambu, perak, ketak, gerabah, mutiara, obat tradisional, festival kuliner dan lomba tata sajinya) di Jalan Udayana.

Acara lainnya adalah Host Vaganza di UNRAM, Jambore Seni Pelajar di Museum NTB, Gelar Seni Rupa (pameran lukisan, art performance, seni instalasi) di Taman Budaya, Permainan Rakyat (Peresean, Begasingan dan Belanjakan) di Abian Tubuh, Karang Pule dan Masbagik, Lomba Cilokaq di Museum NTB, Teater Modern di Taman Budaya, Pelbagai Festival seperti (Perkusi (Taman Budaya), Kaliantan Kite (Kaliantan Lotim), Rudat (Karang Genteng), Tunaq/Jambore kebersihan (Tunaq Loteng), Mantar Paragliding (Mantar KSB), Paer Leneq (Leneq Lotim), Lombok City Center (LCC) dan Senggigi).

Yang tak kalah menariknya adalah acara Dialog Budaya dan Lombok Blogger akan dilaksanakan di Hotel Santika, Pentas Seni Lintas Etnik (Tionghoa, Bali, Jawa, Kalimantan, NTT, Arab, Sunda, Sumatera dll) di Pantai Ampenan, Pentas Seni Religi (Hadrah, Marawis, Rebana Burdah dan Lima, Zikir Zaman, Qosidah dll) Pacoa Jara (pacuan kuda) di Bima, International Halal Tourism Forum, Lombok Sumbawa Mewarnai di Pendopo Gubernur, Jambore Sosmed (Lombok Sumbawa Sosmed) di Gili Sudak. Acara kick off disemarakan juga dengan pentas musik untuk menarik minat para pengunjung Car Free Day yang memadati Jalan Udayana pagi ini.

Pewarta: Agus Apriyanto

Penyunting: Kasan Mulyono

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono