Mataram, LombokInsider.com – Kembali Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) dipilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan sport tourism bertaraf Internasional yakni Lombok Marathon 2016, sebelumnya beberapa kali Lombok telah menjadi tuan rumah olah raga yang dipadukan dengan pariwisata ini. Sebut saja GFNY yang baru lalu, Paragliding di Are Guling Lotim, Kaliantan Kite Surfing, Rinjani 100, selain Lombok, tetangga kita di Sumbawa pun beberapa kali didaulat sebagai tuan rumah seperti Kejuaraan Paralayang di Mantar dan Surfing di Sekongkang dan masih banyak kegiatan yang bertaraf internasional di NTB.

Lomba Lari Internasional

Kadis Budpar HL. Moh. Faozal dan Sekertaris KONI NTB H. Suhaimi pada jumpa pers Lombok Marathon di Golden Palace Hotel (24/11).

Kadis Budpar HL. Moh. Faozal dan Sekertaris KONI NTB H. Suhaimi pada jumpa pers Lombok Marathon di Golden Palace Hotel (24/11).

Lomba lari yang akan berlangsung pada 4 Desember ini, melibatkan 3000 orang peserta dari 16 Negara, dengan total hadiah Rp500 juta, hal ini tentunya menjadi salah satu even sport tourism terbesar di Lombok. “Merupakan suatu kebanggaan bagi kita di NTB ini karena telah beberapa kali di daulat sebagai tuan rumah even bertaraf internasional, hal ini tentunya menjadi salah satu indikator mulai dikenalnya Lombok dimata dunia pariwisata internasional,” ungkap Kadis Budpar NTB HL. Moh. Faozal pada jumpa pers Lombok Marathon 2016 di Hotel Golden Palace, disela-sela Rapat Teknis Pariwisata.

Faozal berharap nantinya Lombok Marathon yang baru kali pertama ini dapat menjadi even tahunan seperti halnya balap sepeda GFNY. “Pemerintah NTB berharap semoga lomba ini kedepannya dapat terus dilaksanakan setiap tahun, hingga dapat dipastikan terjadi peningkatan kedatangan tamu atau wisatawan ke Lombok setiap tahunnya,” lanjut Faozal. Lombok Marathon 2016 ini akan terbagi menjadi lima mata lomba yakni, full marathon (42,195 Km), Ekiden (estafet, satu tim terdiri dari 4 orang), half (21,097 Km), 10 Km dan 5 Km. Gubernur NTB Dr. TGH. M. Zainul Majdi, dipastikan akan turut berpartispasi pada nomor half marathon. Untuk rute, lomba Lombok Marathon ini juga telah mendapatkan persetujuan dan sertifikasi dari IAAF dan AIMS maka para peserta di lomba tersebut akan dapat menggunakan catatan waktu mereka untuk tujuan ranking atau peringkat secara internasional.

3000 Peserta dari 16 Negara dipastikan Mengikuti Lombok Marathon 2016 (4/12).

3000 Peserta dari 16 Negara dipastikan Mengikuti Lombok Marathon 2016 (4/12).

Negara Peserta, Teknis dan Jalurnya

Sementara itu H. Suhaimi, Sekertaris KONI NTB, menjelaskan bahwa telah mendaftar 3000 orang peserta dari 16 negara diantaranya, Malaysia, Thailand, US, Potugal, Kenyo, Prancis, Jerman, United Kingdom, Timor Leste, Jepang, Philipina, Singapura, Brasil, Hongkong, Vatikan City State, Australia dan tentunya Indonesia sebagai tuan rumah dengan pelari nasional dan lokal. “Tentunya kami (KONI) bersama pihak panitia dari DuniaLari.com, telah melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian dalam hal ini Polda NTB untuk pengamanan, pengalihan arus dan lain-pain, petugas medis RS. Provinsi yang akan ikut bersama ambulance sepanjang jalur, serta pihak-pihak terkait lainnya,” jelas Suhaimi.

Suhaimi merincikan bahwa untuk Full Marathon akan menempuh jarak 42,195 Km, sementara Ekiden (estafet)

Jalur atau Rute Lombok Marathon 2016, untuk Kategori Full Marathon.

Jalur atau Rute Lombok Marathon 2016, untuk Kategori Full Marathon.

jarak yang 42,195 Km akan dibagi empat peserta, dimana tiga peserta pertama akan menempuh masing-masing 10 Km dan peserta terakhir 12,195 Km. Kemudian untuk Half Marathon akan menempuh jarak setengahnya yakni 21,097 Km, demikian juga dengan yang 10 dan 5 Km masing-masing disesuaikan. Untuk jalur, peserta Full dan Ekiden Marathon, akan start pada pukul 4:30 pagi dari Senggigi, menuju Jl. Saleh Sungkar, Jl. Yos Sudarso, Jl. Energi, Jl. Industri, Jl. Arya Banjar Getas, Jl. Lingkar Selatan, Jl. Prabu Rangkasari, Jl. AA. Gde Ngurah, Jl. Brawijaya, Jl. Selaparang, Jl. Tumpang Sari, Jl. Panca Warga, Jl. Catur Warga, Jl. Airlangga, Jl. Sriwijaya, Jl. Majapahit, Jl. Langko, Jl. Pejanggik dan Finish di Kantor Gubernur.

Untuk Half Marathon start di Senggigi, kemudian menuju, Jl. Saleh Sungkar, Jl. Yos Sudarso, Jl. Langko, Jl. Majapahit, Jl. Sriwijaya, Jl. Bung Karno, Jl. Catur Warga, Jl. Pendidikan, Jl. Langko, Jl. Pejanggik dan finish di Kantor Gubernur. Sementara untuk 10 dan 5 Km akan dilepas dari Eks. Bandara Jl. Adisucipto Rembiga pada pukul 7:00, kemudian menuju Jl. Saleh Sungkar, Jl. Yos Sudarso, Jl. Niaga, Jl. Energi, Jl. Industri, Jl. Langko, Jl. Pejanggik dan finish di Kantor Gubernur juga. Jalur untuk marathon 5 Km dari Eks. Bandara, Jl. Udayana, Jl. Gn. Pengsong, Jl Langko, Jl. Pendidikan dan finish di Kantor Gubernur.

Keunikan Lombok Marathon

Suhaimi menambahkan bahwa yang paling unik dari Lombok Marathon ini selain sepanjang jalur peserta akan disuguhkan keindahan alam Lombok, adalah di 2,5 Km terakhir dari Jl. Langko hingga Pejanggik para peserta akan dihibur dengan atraksi musik tradisional berkolaborasi dengan modern dari Gendang Beleq, Gambus dan Perkusi, sedangkan ketika tiba digaris finish, pesrta telah ditunggu dengan hiburan budaya peresean dan hidangan kuliner khas Lombok di depan Kantor Gubernur NTB. (LI/AA)

 

 

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com