Pemenang, LombokInsider.com – Menteri Pariwisata Arief Yahya melakukan kunjungan ke destinasi Gili Trawangan, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi NTB pasca gempa pada Kamis (30/8). Kunjungan ini dimaksudkan untuk melihat langsung dampak gempa terhadap destinasi wisata yang ada, khususnya di Teluk Nare, Gili Trawangan dan Senggigi.

Pada kesempatan tersebut, Menpar meninjau berbagai fasilitas pendukung, seperti dermaga penyeberangan di Teluk Nare, fasilitas hotel dan restoran yang ada di Gili Trawangan, demikian juga dengan Senggigi.

Selain itu Menpar secara simbolis juga menyerahkan bantuan alat kebersihan dalam rangka percepatan pemulihan destinasi wisata yang terdampak gempa, berupa sekop dan gerobak sorong sebagai pengangkut sampah dan puing.

Puluhan personil Marinir dari TNI AL, Brimob dan Pol Airud dari Polda NTB dan juga masyarakat sekitar, bahu membahu untuk melakukan pembersihan puing-puing bangungan yang terdampak gempa dan juga sampah yang berserakan.

“Bantuan alat kebersihan ini merupakan sumbangan dari pelaku industri pariwisata di NTB. Ini merupakan bagian dari percepatan masa pemulihan dari tiga gili yang ada, dimulai dari Trawangan, Air dan Meno,” jelas Kepala Dinas Pariwisata NTB, HL. Moh. Faozal, dalam laporannya di Gili Trawangan.

Kegiatan ini meliputi, pembersihan ketiga gili dan daerah Mangsit serta Senggigi, yang diharapkan akan selesai selama 3 bulan kedepan.

Sementara pada sambuatannya, Menpar Arief Yahya mengingatkan tentang 3 prioritas yang menjadi fokus pada masa pemulihan pariwisata NTB ini.

“Ada tiga hal yang harus diperhatikan sebagai fokus pemulihan, yakni pemulihan manusia SDM pariwisatanya dan masyarakat melalui trauma healing, industrinya serta fasilitas destinasi yang ada,” kata Menpar.

Arief Yahya juga memastikan pihaknya akan terus memberikan dukungan penuh terhadap upaya pemulihan pariwisata NTB sampai pada saatnya nanti siap untuk dipromosikan. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com