Mataram, LombokInsider.com – Bukti bahwa saat ini Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) telah menjadi kiblat wisata halal adalah dengan terpilihnya NTB sebagai Tujuan Wisata Halal Terfavorit dalam Anugerah Syariah Republika (ASR) 2018.

Penghargaan ini diterima Wakil Gubernur NTB 2018 Sitti Rohmi Djalilah pada Jum’at (9/11) lalu di Jakarta dan diserahkan langsung oleh Agoosh Yoosran, Direktur Utama Republika. Wagub NTB merasa sangat bangga, karena meski sempat diguncang gempa, namun NTB tetap menjadi destinasi halal terfavorit.

Sebelumnya pada 2015 dan 2016 Lombok (NTB) juga telah memperoleh predikat sebagai destinasi wisata halal terbaik dunia dan destinasi wisata halal bulan madu terbaik dunia. Lombok dan Sumbawa atau NTB memang terkenal memiliki destinasi-destinasi wisata yang sangat indah dan menarik, dengan daya dukung berupa pantai, lembah, gunung, kuliner, seni dan budaya.

Dalam voting yang digelar Republika selama sepekan yakni pada 30 Oktober-5 November 2018, NTB menyisihkan 13 provinsi lainnya yang masuk kategori tujuan wisata halal. Dari total suara masuk, voting untuk NTB mencapai 38 persen, disusul Aceh (27 persen), dan Sumatera Barat (23 persen).

Provinsi-provinsi yang tercatat dalam “Voting Destinasi Halal Terfavorit” lainnya adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DI Yogyakarta, Sumatera Utara, Riau-Kepulauan Riau, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, DKI Jakarta, Banten dan Sumatra Selatan.

Perolehan suara Destinasi Halal Terfavorit ini tercatat ketat sejak voting digelar. Pada awalnya beberapa provinsi bersaing ketat, yakni Sumatra Barat, Aceh, NTB, Jawa Barat, Yogyakarta dan Jawa Timur. Menjelang penutupan voting, tiga provinsi melaju dalam perolehan suara (NTB, Sumbar dan Aceh).

Namun pada penutupan voting, pemilih NTB semakin banyak dan tidak terkejar sampai voting ditutup pada 5 November pukul 00.00. NTB pun meraih ASR 2018 kategori “Destinasi Halal Terfavorit”.

Industri wisata ramah muslim dan halal semakin berkembang pesat di Indonesia. Wisatawan semakin peduli dan kritis dengan standar-standar pelayanan, fasilitas, hingga kemudahan akses beribadah di tempat wisata.

Anugerah Syariah Republika (ASR) merupakan even tahunan Republika Group untuk ikut berpartisipasi dalam memajukan, mengembangkan dan memeratakan aktivitas ekonomi Islam di Indonesia. ASR pertama kali digelar pada 2017 dan tahun ini merupakan yang kedua kalinya.

ASR memberikan penghargaan kepada seluruh perusahaan pada industri keuangan syariah, mulai dari perbankan syariah, asuransi syariah, multifinance syariah, hingga financial technology (fintech) syariah. ASR memberikan penghargaan tokoh ekonomi syariah untuk sosok-sosok yang memiliki kontribusi besar dalam seluruh aspek ekonomi Islam. (LI)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com