Praya, LombokInsider.com – Jelang perhelatan akbar lomba lari TNI International Marathon 2018, ratusan kamar hotel, vila dan juga homestay bahkan rumah masyarakat di kawasan Pantai Kuta Mandalika habis terjual.

Kepala Dinas Pariwisata NTB, HL. Moh. Faozal mengatakan bahwa seluruh kamar hotel, villa, homestay sudah full booking menjelang hari ‘H’ pelaksanaan TNI International Marathon 2018 ini.

“Penuh, semua sudah habis terjual, kamar-kamar hotel, villa dan homestay, bahkan rumah-rumah penduduk juga dialihkan sebagai penginapan,” kata Faozal saat meninjau persiapan TNI International Marathon 2018, di Kuta Mandalika, Rabu (31/10).

Bahkan menurutnya, karena belum seluruh peserta baik yang professional maupun amatir dapat tertampung di kawasan Pantai Kuta, maka sebagiannya menginap di Mataram.

“Sekitar 70 persen dari jumlah peserta menginap di kawasan Kuta Mandalika, 30 persen sisanya kita alihkan ke hotel di Mataram. Ada tiga hotel yakni Lombok Raya, Golden Palace dan Grand Legi dan panitia menyediakan bus shuttle untuk mereka,” jelasnya.

Faozal mengaku dukungan pemerintah provinsi melalui Dispar NTB yakni membantu menyediakan panggung, tenda, terop, tempat bazzar, konsumsi dan lain sebagainya.

“Ini merupakan branding Mandalika, harapan kita ketika Mandalika di branding maka akan berpengaruh positif terhadap pariwisata NTB secara umum, terutama pascagempa ini,” tegasnya.

Hingga saat ini peserta yang telah mendaftar untuk ikut dalam lomba lari marathon terbesar se Asia telah mencapai 5800 orang lebih, atau hampir mencapai target yang diharapkan oleh panitia penyelenggara.

TNI International Marathon 2018 merupakan rangkaian dari HUT 73 TNI, yang sengaja dilaksanakan di Kuta Mandalika untuk membantu promosi pariwisata Lombok pascagempa, akan dilaksanakan pada Ahad (4/11). (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com