Mataram, LombokInsider.com – Sebagai salah satu ikon wisata halal, Masjid Hubbul Wathan, Islamic Center, di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, menyedot banyak perhatian wisatawan yang berkunjung ke Pulau Lombok.

“Dalam sehari bisa 100-200 orang wisatawan yang datang berkunjung. Semua kami catat, baik nusantara maupun mancanegara,” kata Sulaiman kepala UPT Islamic Center.

“Sejauh ini wisatawan Malaysia mendomonasi kunjungan, tapi ada juga dari Australia dan Eropa,” ujarnya.

Sejak digunakan lebih dari setahun, Islamic Center memang telah menjadi pusat kegiatan peribadatan umat Islam di Kota Mataram khususnya dan warga NTB pada umumnya.

Selain itu letaknya yang berada di tengah kota membuatnya menjadi daya tarik tersendiri bagi orang-orang yang lewat. Ada yang sekedar menikmati kemegahan dan keindahannya dari luar, namun tidak sedikit yang penasaran dan masuk kedalam masjid juga naik ke minaret 99.

“Untuk biaya tiket naik keatas minaret, wisatawan nusantara tarifnya Rp5000 saja, sedangkan untuk mancanegara Rp.10.000,” ucap Sulaiman.

Minaret 99 memang menjadi salah satu tempat favorit bagi pengunjung Islamic Center. Minaret 99 yang tinggi menjulang lebih dari 100 meter, lebih tinggi dari bangunan di sekitarnya. Minaret ini merupakan hibah dari perusahaan tambang PT Newmont Nusa Tenggara.

Saat ini selain sebagai tempat ibadah, Islamic Center juga telah menjadi salah satu tujuan atau ikon wisata religi di NTB karena memang merupakan masjid terbesar dan termegah. Pulau Lombok juga memang telah terpilih sebagai Destinasi Wisata Halal Terbaik Dunia pada 2015 lalu. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com