pantai senggigi

Dulu, ketika mendengar kata Lombok, mungkin orang – orang akan berpikir dua kali jika ingin berlibur ke sini. Karena dulu transportasi ke Lombok memang agak susah, dan tempat tempat wisata di Lombok pun masih belum terkenal.  Namun setelah diresmikannya Bandara Internasional Lombok, keadaan tersebut berubah drastis. Lombok kini semakin terkenal dimata para traveler domestic maupun mancanegara. Pantai, gunung, air terjun dan pemandangan bawah laut. Ssemua pesona alam yang ditawarkan membuat kita tidak akan pernah bosan untuk berkunjung, bahkan tidak pulang – pulang. Berikut  beberapa rekomendasi destinasi yang musti anda kunjungi ketika mengunjungi Lombok.

Pantai

Lombok dikelilingi oleh pantai yang fantastis. Sebagian besar ditutupi pasir putih dan dihiasi pohon kelapa. Di bagian barat, ada beberapa pantai yang tidak asing lagi namanya, sebut saja Pantai Senggigi, Nipah, Malimbu dan lain- lain. Anda dapat melakukan aktifitas snorkeling dan berenang dengan nyaman disini. Di bagian barat daya, ada pantai yang tidak kalah baguasnya, seperti pantai pantai di sekitaran wilayah sekotong. Gili nanggu adalah salah satu yang disarankan untuk dikunjungi. Pantai ini menawarkan suasana alam yang tenang dan nyaman untuk sekedar berenang di lepas pantai. Di Lombok Tengah ada Pantai Mawun yang juga layak untuk kunjungi.

Menyelam Melihat Terumbu Karang

Dikelilingi bayak pantai pasir putih dan pulau – pulau kecil, Lombok menawarkan surga yang tersebunyi di bawah laut. Bagi anda yang senang dengan pemandangan bawah laut,  snorkeling dan diving di pulau tiga Gili, Gili Air, Gili Trawangan dan Gili Meno adalah sesuatu yang wajib. Disini anda akan mendapatkan pelayanan yang baik oleh para instruktur diving professional. Ada juga kursus menyelam bagi pemula. Mendapatkan Diving lisence pertama anda di Gili akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Berselancar

Pantai – pantai di Lombok juga terkenal sebagai salah satu destinasi olahraga selancar. Pantai bagian selatan pulau Lombok menawarkan ombak besar yang menantang. Kawasan ini punya akomodasi dan pelayanan yang lengkap untuk para peselancar. Mereka menawarkan paket lengkap berselancar, seperti penyewaan papan selancar berbagai jenis. Kawasan pantai Gerupuk salah satunya. Pantai ini punya gelombang besar untuk pemula sampai dengan untuk  peselancar professional.

Kerajinan Masyarakat Lokal

Lombok terkenal dengan kerajinan kerajinan tradisionalnya. Sempatkanlah diri untuk berkunjung membeli hasil karya masyarakat setempat, atau sekedar membelikan kerabat anda sebagai buah tangan. Ada beberapa sentra kerajinan di yang sering dikunjungi para tourist domestic maupun mancanegara. Kawasan ini  sering disebut dengan desa kerajinan. Di desa Pringgasela, di Lombok timur dan Desa Sukarara, di Lombok tengah merupakan sentra bagi pengrajin Tenun tradisional. Desa Banyumulek, Lombok Tengah merupakan pusat penting bagi kerajinan gerabah di Lombok. Di Desa ini anda bisa menemui desa – desa kecil yang menjual gerabah dengan berbagai bentuk kreasi.

Berpetualang

Banyak kawasan dari pulau ini yang masih diselimuti oleh hutan hujan yang alami. Hal ini membuat Lombok ideal menjadi kawasan Ekowisata dan wisata petualangan. Selain itu, pulau ini juga adalah tempat bagi air terjun yang indah. Air terjun hampir bisa ditemui di setiap kabupaten di Lombok. Namun kawasan yang paling ideal untuk menjelajahi alam sekalian menikmati air terjuan adalah Lombok bagian utara. Disini anda bisa temui air terjun Tiu Kelep, Santong, Gangga dan Mangku sakti.

Pendakian Gunung

Gunung Rinjani tercatat sebagai gunung berapi aktif dan terkenal. Gunung ini mempunyai ketinggian 3726M di atas permukaan laut. Rinjani merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Kini gunung ini telah banyak menarik perhatian para Hikers, seiring banyak photographer yang mengunggah keindahan gunung ini si sosial media. Di gunung ini  terdapat danau yang bernama danau Segara Anak yang sangat memilkat.

 

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono