Sekotong, LombokInsider.com – Setelah menempuh perjalanan sekitar 1 jam dari Mataram dengan kendaraan bermotor menempuh jarak sekitar 50 km, permainan tuas gas pun berakhir dan sampailah saya bersama rombongan dari Baca Pesat di pelabuhan Batu Ijuk, yang merupakan salah satu tempat untuk menyeberang ke Gili Sudak, Sekotong, Lombok Barat (Lobar). Kendaraan bermotor maupun mobil akan aman dititip di tempat penyeberangan.

Perahu Mesin, Alat Transportasi Menyeberang ke Gili Sudak, Sekotong, Lobar.

Perahu Mesin, Alat Transportasi Menyeberang ke Gili Sudak, Sekotong, Lobar.

Perjalanan berlanjut dengan menyeberangi laut dari Pulau Lombok ke Gili Sudak, memerlukan waktu sekitar 15-20 menit menggunakan perahu bermesin 15pk, dengan daya angkut 10-20 penumpang, untuk sampai ke Gili Sudak dengan biaya Rp250-300 ribu, dari pelabuhan Batu Ijuk pada (17-18/9), hari itu merupakan pengalaman yang mengesankan sambil liputan, liburan, banyak teman, foto-foto, outbond, transplantasi terumbu karang dan diskusi, bersamaan dengan acara Social Media Camp yang diadakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB.

Sesampainya di Gili Sudak kaki-kaki kita akan segera merasakan kelembutan pasir pantainya yang putih mempesona, air laut yang jernih tanpa gelombang bak danau luas membentang, suasana sepi tidak mencekam dengan hamparan pohon cemara disepanjang tepi pantai, membuat pulau ini serasa milik sendiri. Pulau dengan luas sekitar 14 hektar ini memang masih sangat perawan, karena tidak ada pedagang dan juga kebersihannya sangat dijaga, merupakan satu dari gili-gili lain yang ada di wilayah Sekotong, Lobar.

Foto Satelit, Empat Gili  di Wilayah Selatan Lombok Barat (Sudak, Kedis, Tangkong dan Nanggu).

Foto Satelit, Empat Gili di Wilayah Selatan Lombok Barat (Sudak, Kedis, Tangkong dan Nanggu).

Beberapa gili yang masuk dalam gugusan gili dibagian selatan Pulau Lombok, yang masih natural dan belum terjamah, sebut saja Gili Genting, Gili Lontar, Gili Gede, Gili Bedis, Gili Sudak, Gili Nanggu, Gili Tangkong, Gili Berairan, Gili Amben, Gili Asahan, Gili Layar, Gili Rengit, Gili Goleng, Gili Anyaran, dan Gili Poh. Perairan sekitarnya begitu tenang, sangat cocok bagi yang ingin membawa keluarga bersama anak-anak untuk berenang, snorkeling dan berlibur disana menikmati suasana sepi yang menenangkan.

Pagi harinya di Gili Sudak kita bisa menikmati pemandangan matahari terbit (sunrise) yang luar biasa indahnya, hamparan pantai dengan pandangan lepas kearah pelabuhan Lembar dimana kapal-kapal penyeberangan dan juga kapal pesiar hilir mudik dengan lampu yang gemerlap dimalam hari merupakan pemandangan yang sangat menggoda, terutama bagi para penghobi fotografi, malam harinya jangan khawatir tentang nyamuk karena tidak akan anda temui disana.

Tenang. Pantai Landai Bagaikan Danau Membentang dengan Pasir Putihnya dan Kebersihan yang Terjaga, Merupakan Nilai Plus Gili Sudak.

Tenang. Pantai Landai Bagaikan Danau Membentang dengan Pasir Putihnya dan Kebersihan yang Terjaga, Merupakan Nilai Plus Gili Sudak.

Menurut saya, pulau ini layaknya pulau pribadi yang tersembunyi, karena masih begitu natural dan belum terjamah tangan-tangan jahil, hanya tinggal ditambah sarana air bersih (air tawar) untuk bilas setelah berenang atau snorkeling dan toilet umum, maka lengkap sudah Gili Sudak sebagai tempat berlibur yang sangat saya rekomendasikan bagi keluarga. Untuk yang tidak ingin repot bawa tenda, terdapat penginapan Nirvana Resort and Restaurant dengan menu makanan laut yang segar, tentunya dikemas sebagai makanan khas Lombok yang akan memanjakan lidah dan perut anda, hanya harus siap-siap merogoh kantong lebih dalam.

Akomodasi. Satu-satunya Tempat Menginap Yang Ada di Gili Sudak, Nirvana Resort & Restaurant.

Akomodasi. Satu-satunya Tempat Menginap Yang Ada di Gili Sudak, Nirvana Resort & Restaurant.

Walaupun gili-gili yang berada di selatan Lombok ini masih kalah tenar dengan yang di utara, namun seiring berjalannya waktu akan menjawab, dengan suasana yang seperti saat ini, tenang dan menghanyutkan, ditambah promosi melalui media sosial seperti, instagram, twiter, youtube dan fb dapat dipastikan beberapa tahun kedepan Gili Sudak dan kawan-kawannya di selatan pasti akan menjadi primadona baru liburan keluarga. Apalagi gili ini telah masuk dalam paket wisata halal yang telah di launching oleh Association of the Indonesian Tours & Travel Agencies (ASITA) NTB beberapa waktu lalu dan akan dijual pada International Halal Travel Fair (IHTF) 2016 yang akan berlangsung pada (21-23/9), di Hotel Lombok Raya, Mataram. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com